Iklan

terkini

Malam Penganugerahan Lomba Desa Wisata di Kabupaten Pemalang Tahun 2022. Inilah Pemenangnya

30/03/2022, 02:29 WIB Last Updated 2022-03-30T03:07:53Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinparpora) menggelar acara Malam Anugerah Festival Desa Wisata Tahun 2022. Acara bertemakan Pemalang Bangkit Bersama Desa Wisata tersebut berlangsung di Lingga Room Lt.2 Hotel Regina Pemalang, Selasa (29 Maret 2022).

Kepala Disparpora, Mualif dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan festival lomba desa wisata ini adalah sebagai bahan evaluasi dan identifikasi potensi yang dimiliki oleh 27 desa wisata.

"Yang bangkit dan unggul sebagai atraksi ataupun produk unggulan pariwisata," ujarnya.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya untuk mewujudkan visi Kabupaten Pemalang yang AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni) melalui program Desa Wisata (Dewi).

Adapun tujuan kegiatan ini sambung Mualif adalah kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan pengelola desa wisata dengan menyelenggarakan festival lomba desa wisata Tahun 2022 yang dapat menjadi wadah untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali wisata di Kabupaten Pemalang setelah dilanda Pandemi COVID-19 selama 2 tahun.

Sementara, Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo berharap malam penganugerahan festival lomba desa wisata Kabupaten Pemalang tahun 2022 dapat memotivasi para pengelola desa wisata dan mendorong peningkatan sektor pariwisata daerah. Terutama terkait pengembangan potensi serta keunikan desa-desa wisata di Kabupaten Pemalang.

"Kedepan, saya juga berharap desa-desa wisata tersebut dapat dikenal luas di kancah nasional maupun internasional. Hingga mampu menarik wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke Kabupaten Pemalang," cetusnya.

Disampaikan bahwa di Kabupaten Pemalang memiliki 27 desa wisata yang tersebar diberbagai wilayah. Dengan potensi keunggulan dan keunikannya masing-masing salah satunya berada di kawasan Dewi Nadulang (Desa Wisata Nanas Madu Pemalang). Menurutnya, kawasan wisata ini memiliki keunggulan disektor alam maupun perkebunan buahnya.

Bupati Agung menjelaskan bahwa festival lomba desa wisata ini diselenggarakan dengan memperlombakan tiga kategori dan diikuti oleh 15 desa wisata. Yaitu Kategori Maju atau Terbaik yang diikuti 3 desa wisata, yakni Desa Nyalembeng, Penggarit dan Sikasur. Kemudian Kategori Berkembang diikuti 4 desa wisata, yaitu Desa Surajaya, Asemdoyong, Mandiraja dan Desa Gapura.

"Sedangkan Kategori Rintisan diikuti 8 desa wisata yaitu Desa Banyumudal, Mojo, Wisnu, Nyamplungsari, Mejagong, Bulakan, Badak dan Desa Cawet," bebernya.

Setelah melewati proses seleksi dan penilaian maka terpilihlah para pemenang festival lomba desa wisata tersebut. Untuk itu kepada para pemenang lomba desa wisata di Kabupaten Pemalang tahun 2022, Bupati mengucapkan selamat dan sukses atas capaian dan prestasi yang diraih. "Besar harapan saya kedepan prestasi tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan," tandasnya.

Berikut pemenang lomba desa wisata di Kabupaten Pemalang tahun 2022.
1. Kategori Maju atau Terbaik yaitu Desa Sikasur, Kecamatan Belik. Desa ini berhak mendapatkan thropy, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp.7,5 juta.
2. Kategori Berkembang yakni Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang. Desa ini berhak menerima thropy, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp.4 juta.
3. Kategori Rintisan yaitu juara 1 Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, berhak mendapatkan thropy, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. Kemudian juara 2 yaitu Desa Wisnu, Kecamatan Watukumpul, berhak memperoleh thropy, sertifikat dan uang pembinaan Rp.2.5 juta dan juara 3 yakni Desa Bulakan, Kecamatan Belik, juga berhak menerima thropy, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta.

Penulis : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Malam Penganugerahan Lomba Desa Wisata di Kabupaten Pemalang Tahun 2022. Inilah Pemenangnya

Terkini Lainnya

Iklan