Iklan

terkini

Gelorakan Semangat Pancasila; Lomba Mural Warnai Pencanangan Kampung Pancasila Kodim Boyolali

29/03/2022, 19:52 WIB Last Updated 2022-03-29T14:54:36Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BOYOLALI - Dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila, Kodim 0724/Boyolali turut menggelar Lomba Mural Piala Dandim Boyolali di Desa Urut Sewu Kec Ampel Kab Boyolali. Kegiatan tersebut resmi di buka secara langsung oleh Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, Selasa ( 29/03/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Forkopimda Kab Boyolali, masyarakat, panita lomba, dan para peserta yang sudah terdaftar. 

Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. mengatakan bahwa kita sebagai generasi sekarang harus menghormati jasa para founding fathers yang telah menggagas falsafah dan dasar negara kita, Pancasila. Oleh karena itu, dalam rangka revitalisasi nilai nilai Pancasila kepada generasi milenial, perlu metode metode yang kreatif dan tidak kaku, salah satunya melalui Lomba Mural ini.

 “Lomba ini tidak hanya berbicara tentang menggambar simbol simbol yang kita abadikan dalam seni mural, namun bermakna dalam kita luas sebagai internalisasi nilai nilai Pancasila kedalam sanubari generasi penerus”, tegasnya.

Selain itu juga Dandim 0724/Boyolali menjelaskan, fungsi dan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila memasyarakatkan kembali Pancasila dalam tata kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta juga menggali kembali semangat untuk menghormati keberagaman suku, agama, dan ras maupun golongan dalam bingkai mengeratkan persatuan demi tegaknya NKRI.

Dandim 0724/Boyolali  juga berpesan kepada para peserta dan dewan juri yang terlibat dalam event tersebut untuk menjunjung sportifitas dan kejujuran. 

" Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan kalah, di sini bukan untuk mancari siapa yang paling hebat, tetapi bersama-sama untuk memaknai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan negara, jadi kita harapkan semua berjalan dengan baik ”, pesan Dandim kepada dewan juri dan peserta.

Danramil 05/Ampel Kapten Arm Joko Priyanto menambahkan bahwa lomba yang di selenggarakan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Urut Sewu Kecamatan Ampel.

“Juara l akan mendapat hadiah uang senilai 4 juta rupiah, Juara ll hadiah uang senilai 3 juta rupiah, dan Juara lll senilai 2 juta rupiah, serta mendapat piagam penghargaan dari Dandim 0724/Boyolali”, terang Danramil.
 
Sementara, salah satu pemenang lomba, Ilham Nur dan tim, mengatakan bahwa dia sengaja datang dari Surakarta setelah mendapatkan informasi dari Istagram Kodim 0724/Boyolali dan juga sesama rekan seniman yang juga mengikuti lomba tersebut. 
“Ini saya menyalurkan hobby sekaligus mengukur kemampuan tim kami dan Alhamdulillah kami mendapatkan juara I, tentu saja perasaan kami  sangat senang semoga kedepan akan ada lomba yang serupa dan Insya Allah saya dan tim akan ikut lagi," tuturnya.

Dari hasil lomba mural yang diselenggarakan oleh Kodim 0724/Boyolali diketahui sebagai Juara I Ilham Nur  dari Surakarta mendapatkan piagam penghargaan dari Dandim 0724/Boyolali dan
uang pembinaan 4 Juta Rupiah, juara II Deny Indra dari Magelang  
uang pembinaan 3 Juta Rupiah dan piagam serta
juara III Iryanto dari Boyolali 
Uang pembinaan 2 Juta Rupiah serta piagam penghargaan.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gelorakan Semangat Pancasila; Lomba Mural Warnai Pencanangan Kampung Pancasila Kodim Boyolali

Terkini Lainnya

Iklan