Iklan

terkini

Fadlun Guru ngaji yang senangnya mengadakan Rumah Pengajian

26/03/2022, 13:32 WIB Last Updated 2022-03-26T06:32:22Z
In Memorial



EMSATUNEWS.CO.ID, TEGALInnalillahi wa inna ilaihi roji'un
telah meninggal dunia Fadlun Binti M. Ali Lasemme 22 Maret 2022 sehabis waktu sholat  Magrib dimakamkan tanggal 23 Maret 2022 sehabis waktu sholat Ashar.

Di Pemakaman Umum Kelurahan Dondo, Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Propinsi Sulawesi Tengah.

Fadlun ( ibu dari anak anakku ) saya akan selalu menyayangi anak anakmu, semoga Allah mengampuni Almarhumah Fadlun binti Moh. Ali Lasemme  merahmatimu, mengangkat derajat mu serta menerima seluruh amal Sholih mu , dan semoga Allah menempatkan dirimu di SurgaNya (Allah SWT) Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَه وَارْحَمْه وَعَافِه وَاعْفُ عَنْه ، وَأَكْرِمْ نُزُلَه ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَه ، وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ...

Aamiin Ya Mujibasa'illin 🤲🏻🤲🏻



Mengenang semasa hidupnya (ibu dari 3 orang anakku ) Abdul Rahman Hakim Sugiarto Amd.Kep, Afni Assyaahidah Sugiarto dan Moh. Amin Sugiarto, Almarhumah Fadlun binti Muhammad Ali Lasemme selalu membuka rumah pengajian di manapun kami berdomisili di Palu, Poso, Ampana, Jakarta, Brebes dan Tegal  almarhumah selalu menggerakkan warga sekitar rumah untuk belajar ngaji Qiro ngaji lagu serta tadarrus di rumah tempat kami tinggal, ( rumah kontrakan) setiap hari selalu bergema lantunan ayat ayat suci Al-Qur'an dari tetangga yang belajar mengaji atau dari suara almarhumah sendiri.

Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Masih dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang agak berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَىْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

“Barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim no. 1017)

Waktu kami sama-sama di Brebes Almarhumah dipercaya sama ibu Hj. Mariatun Indra Kusuma sekitar Tahun 2007 mengajar ngaji putra putrinya Paramitha Widya Kusuma. Sekarang anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PDI P  Shintya Widya Kusuma dan Kingking Trahing Kusuma.



Almarhumah juga sebagai Dewan Hakim di setiap Even Nasional STQ maupun MTQ.

 Alhamdulillaah anak-anakku sudah sampai di Jakarta setelah melaksanakan prosesi pemakaman almarhumah ibu mereka, Fadlun M.  Ali Lasemme di Pemakaman Umum Kelurahan Dondo, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una Una .

Ucapan duka lcita berdatangan dari keluarga handai tolan, sahabat, kerabat di medsos (FB, WhatsApp, Instagram Serta Telpon) mendoakan Almarhumah Fadlun binti M. Ali Lasemme "Husnul Khotimah" serta mendoakan Almarhumah ditempatkan di SurgaNya Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

Ananda almarhum No. 2 Afni Assyaahidah Sugiarto  mengirim lewat WhatsApp "Mama tanya papa, iya pah saya doakan, says sholat, saya mengaji buat mama supaya mama bahagia disana pah, papa jadi datang kan pah ke kakak maman?"

Kami sudah lama tidak bersama sejak tahun 2007 anak ada yang ikut ibunya (almarhumah) di Sulawesi ada yang di Jakarta sedangkan saya di Tegal Kerja di Brebes.

Semoga Almarhumah Fadlun binti M. Ali Lasemme Husnul Khotimah  Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.(Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fadlun Guru ngaji yang senangnya mengadakan Rumah Pengajian

Terkini Lainnya

Iklan