Scroll ke Atas
Berita Utama

Dalam Waktu Bersamaan Kondisi Penahan Tebing di Tiga Desa, di Bantarkawung Longsor

25
×

Dalam Waktu Bersamaan Kondisi Penahan Tebing di Tiga Desa, di Bantarkawung Longsor

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –  Bencana Alam (Bencal) tanah longsor kembali melanda di wilayah Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes dalam waktu satu hari dan bersamaan. Bencal longsor  terjadi di 3 wilayah desa  yakni Desa Jipang, Banjarsari dan Cinanas dan semua peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, Sabtu.(26/3/2022).Hal ini disampaikan Komandan 
Satgas PB  BPBD Brebes  Budi Sujatmiko.
Budi mengatakan, Bencal longsor di tiga wilayah desa di Kecamatan Bantarkawung tersebut terjadi dengan waktu yang bersamaan dan dipicu akibat wilayah kecamatan Bantarkawung dan sekitarnya telah diguyur hujan lebat pada Jum’at  malam sampai Sabtu dini hari dengan intensitas sedang hingga tinggi seperti terjadi di Dukuh Pawangunan RT. 03/07 Desa Banjarsari bencal terjadi Sabtu sekitar pukul  02.30 WIB  menyebabkan longsornya talud penahan tebing sepanjang 8 meter dan tinggi 11 meter itu roboh menimpa rumah warga milik Edi Sholeh pada bagian dapur rumahnya rusak total dan berat bahkan  longsoran tersebut menutup jalan desa.

Dikatakan Budi sementara untuk penanganan Bencal ini pihak 
Satgas-PB BPBD Brebes bersama pihak terkait telah  melakukan assesment  tentang kronologi dan dampak kejadian tersebut.
“Kami menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam beraktifitas baik di dalam maupun luar ruangan mengingat sekarang masih masuk dimusim pancaroba dari musim penghujan ke musim kemarau dengan intensitas yang terkadang cukup exstrim,” tuturnya.

Budi menambahkan guna mengantisipasi bencal susulan diharap adanya perhatian dari Pemdes setempat mengingat longsor terjadi salah satunya akibat  intensitas hujan yang sangat tinggi juga drainase lingkungan yang sangat buruk. – (imam)

Baca Juga :  Anggota Pramuka di Brebes Dibekali Wawsan Tentang Hukum