iklan

Iklan

iklan

terkini

Bupati Pacu Kreativitas Anak Muda Berkarya Ilmiah

31/03/2022, 19:19 WIB Last Updated 2022-03-31T14:23:41Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti memacu kreativitas generasi muda Kabupaten Brebes dalam penciptaan inovasi baru. Sebab, karya-karya inovasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempermudah dan menambah produktivitas manusia dalam menghadapi tantangan masa depan.

Motivasi tersebut disampaikan Bupati saat memberikan hadiah pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Brebes, di Pendopo Bupati, Kamis (31/3).



“Teruslah mengasah kemampuan dengan berinovasi menciptakan karya-karya yang membawa manfaat bagi kehidupan manusia,” ajaknya.

Kepada para peserta yang karya inovasinya menjadi juara, agar disempurnakan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.  Dalam artian, bisa memberikan keuntungan bagi sang Penemu, sekaligus dapat bersaing dengan temuan lain ketika diajukan dalam lomba serupa di tingkat provinsi maupun nasional.

“Ayo sempurnakan, agar bisa menang di tingkat provinsi, syukur bisa menang ditingkat nasional,” ajak Idza memotivasi. 



Ketua Panitia Nurul Hidayat menjelaskan, lomba Krenova digelar sebagai upaya Pemkab Brebes untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat membudayakan kreatifitas dan inovatif dalam bidang iptek. Diharapkan, penerapannya tepat guna di masyarakat sehingga muncul produk-produk unggulan yang bisa bersaing dipasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kata Yayat, demikian sapaan akrab Nurul Hidyat, minat generasi muda pada Lomba Krenova cukup tinggi setiap tahunnya. Namun, akibat didera pendemi, untuk tahun 2022 lomba hanya diikuti 18 karya untuk kategori pelajar dan 20 karya untuk kategori mahasiswa dan umum.

Pemenang lomba, selain mendapat piagam dan uang pembinaan juga akan diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemenang juga akan diusulkan Hak Patennya setelah studi kelayakan, agar mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, pemenang lomba Krenova 2022 adalah sebagai berikut: Untuk Kategori Pelajar, Juara 1 diraih Rahmatika Umara Widodo dan Faisha Dewi Humaira dari SMA N 1 Brebes dengan judul Optimalisasi Sifat Antiseptik Pada Lumut Hati Sebagai Salep Untuk Mengobati Luka Luar.  Juara 2 Najwa Hilda Safira, Muhamad Ilham Ilahia dan Ziedan Arya Ashari dari SMA N I Sirampog (Pemanfaatan Daun Terong, Daun Belimbing Wuluh Dan Daun Tembelekan Menjadi Pestisida Alami Ramah Lingkungan) juara 3 Alya Arinalhaq, Najwa Queen Arsyita dan Aifa Cahya Rahmatika dari SMA 1 Brebes (Pemanfaatan Biji Buah Nangka (Artocaprus Heterophyllus) Dalam Sajian Jackfruit Seed Flour Sebagai Sumber Karbohidrat Alternatif Dan Protein Tinggi. Untuk harapan 1 Irfan Nur Dwi Razzaq, Firyal Suneva dan Rona Nisrina Ningrum dari SMA I Brebes (Daur Ulang Limbah Kulit Pisang Menjadi Alternatif Sumber Arus Listrik Searah Dalam Produk Smansa Battery) dan harapan 2 Faiz Aly, Nabila Syifa Zahira Dan Ellenia Diah Ningrum Pelajar SMA I Brebes (Pemanfaatan Sisa Pembakaran Telur Asin Menjadi Eco Friendly Fertilizer).

Untuk kategori Mahasiswa dan Umum, Juara 1 diraih M Rizki, Musnadil Firdaus, Aji Bagus Setiawan dan Nurlaela dengan judulu Numplate (Number Plate) Si Aplikasi Pendeteksi Nomor Plat Kendaraan Secara Otomatis. Juara 2 Maulana Ismail dan Mochamad Iftah Riziq (Variasi Tiga Destilat Terhadap Hasil Pengolahan Oli Bekas Menjadi BBM), Juara 3 Irkham A SPd dan Ellok P SPd (Pemanfaatan Daun Pucuk Merah Sebagai Herbal Tea). Sedangkan harapan 1 Nurhikmah SE dan Adnan Sakuro S.Pt Al Fatih Natural Cream) dan harapan 2 Eko Fajar Setiawan (Web Based Community App, Upgrading UMKM Toko/Cafe/ Wisata Berbasis Workshop).

Lanjut Yayat, peserta mendapatkan hadiah total Rp 27 juta dengan rincian kategori pelajar juara 1 sebesar Rp 2,5 juta, juara Rp 2 juta, juara 3 Rp 1,75 juta. Harapan 1 Rp 1,5 juta dan harapan 2 sebesar Rp 1,25 juta.
Kategori mahasiswa dan umum juara 1 sebesar Rp 5 juta, juara 2 sebesar Rp 4 juta dan juara 3 sebesar Rp 3,5 juta. Harapan 1 sebesar Rp 3 juta dan harapan 2 sebesar Rp 2,5 juta.

Piagam dan uang pembinaan diserahkan Bupati, Wakil Bupati Narjo, Wakil Ketua DPRD Teguh Wahid Turmudi, Sekda Brebes Djoko Gunawan dan Kepala Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko disela Musrembang Kabupaten di Pendopo Bupati, Kamis (31/3).(Yaser Arafat/Bambang S)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Pacu Kreativitas Anak Muda Berkarya Ilmiah

Terkini Lainnya

Iklan