iklan

Iklan

iklan

terkini

184 orang PNS Kab Brebes Purna Tugas

22/03/2022, 12:34 WIB Last Updated 2022-03-22T05:37:19Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pembekalan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Purna Tugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes tahun 2022 berlangsung di Hotel Dedy Jaya, Brebes (22/03/2022).

Pembekalan dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kesra H. Akhmad Ma'mun. Acara penjelasan tentang pemberkasan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun Pertama (Ketaspenan) bagi PNS yang mencapai batas usia TMT 1 Juni sampai 1 Agustus tahun 2022, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan H. Akhmad Ma'mun menyampaikan ungkapan selamat kepada para PNS yang sebentar lagi akan purna tugas.



"Saya sampaikan selamat kepada para PNS yang sebentar lagi memasuki masa pensiun. Karena masa pensiun merupakan masa bapak dan ibu untuk menikmati hasil kerja keras selama ini," kata bupati melalui sambutan tertulisnya.

"Teriring rasa terima kasih atas pengabdian bapak dan ibu yang telah berikan demi kemajuan Kabupaten Brebes tercinta," imbuhnya.

Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian tersebut maka melalui undang-undang (UU) No.5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara pemerintah, mengamanatkan bahwa untuk menjamin perlindungan atas kesinambungan penghasilan hari tuanya maka kepada pensiunan diberikan hak berupa jaminan pensiun dan jaminan hari tua.



Tak dapat dipungkiri, bahwa masa pensiun bagi sebagian PNS masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, mengingat setelah berpuluh tahun memiliki kesibukan, mengabdikan diri, melayani masyarakat sekaligus menikmati fasilitas sebagai abdi negara. Sebagai PNS mungkin akan merasakan berbagai hal ketika pensiun, antara lain berkurangnya pendapatan, hilangnya rutinitas pekerjaan dan tidak adanya kewenangan bagi mereka yang memiliki jabatan.

Namun, jika hal ini sudah disadari sejak dini, masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan mungkin yang ditunggu-tunggu oleh PNS, karena lepas dari rutinitas sehari-hari dan dapat meluangkan waktu lebih lama berkumpul dengan keluarga.

" Karena itu saya berpesan kepada saudara-saudara yang saat ini sedang memasuki masa pensiun, hendaknya tidak perlu ragu apalagi putus asa menghadapi kondisi tersebut, tetapi sebaliknya harus memiliki semangat baru untuk menatap masa depan lebih baik saat memasuki masa tua," tandas Idza Priyanti.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Kab Brebes Yuta Sugihyarti melaporkan Dasar pelaksanaan 
Undang undang RI No. 5 tahun 2024 tentang Aparatur Sipil Negara. Peraturan Daerah Kab Brebes No 7 tahun 2021 tanggal 22 Desember 2021 tentang Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah  Kab Brebes Tahun 2022.Peraturan Bupati No.
 87 tahun 2021 tanggal 22 Desember 2021 tentang  APBD Kab Brebes tahun 2022.

Maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan pelayanan Kepada PNS dilingkungan Pemkab Brebes khususnya bagi PNS yang akan menjalani masa pensiun /purna tugas.

Dengan tujuan untuk memberikan informasi /pengetahuan berkaitan dengan pemberkasan pembayaran tabungan hari tua(THT) dan Pensiun pertama (Ketaspenan) Kepada PNS yang akan menjalani masa pensiun/Purna Tugas.

Yuta Sugihyarti lebih lanjut mengatakan peserta kegiatan sosialisasi sebanyak 184 orang  terdiri dari 65 PNS pensiun TMT.  1 Juni 2022, 64 PNS pensiun TMT. 1  Juli 2022, 55 PNS pensiun TMT.1 Agustus 2022
Dengan rincian
 -Jabatan struktural /Pelaksana 56 orang 
 -Tenaga pendidik 126 orang 
-Tenaga Kesehatan 2 orang

Adapun Materi Sosialisasi berkaitan dengan pemberkasan pembayaran Tabungan Hari Rua dan Pensiun Pertama (Ketaspenan) disampaikan pimpinan Bank Mantap Cabang Pekalongan oleh Sugiyanto  dan    dari PT Taspen (Persero) Cabang Pekalongan Harini.

Harini menghimbau kepada peserta sosialisasi manfaatkan kesempatan untuk terus berkarya dan mewujudkan rencana ke depan bersama Bank Mantap yang resmi milik PT Taspen dan PT Bank Mandiri dengan memberikan penawaran kepada mereka PT Taspen dan PT Asabri berupa fasilitas Kredit Prapensiun dan pensiun Mantap dengan pelayanan prima.(Bambang S)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 184 orang PNS Kab Brebes Purna Tugas

Terkini Lainnya

Iklan