Iklan

terkini

Wilayah Kabupaten Brebes Dimusim Penghujan Kembali Dilanda Kasus Nyamuk DBD

14/02/2022, 19:59 WIB Last Updated 2022-02-14T12:59:21Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Sejumlah 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes dinyatakan menjadi langganan terjadinya  kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam setiap tahunnya.

Semwntara Kecamatan Bulakamba berada di urutan kedua daerah yang kerap terjangkiti DBD, dengan memakan korban jiwa yang mayoritas  pada anak-anak.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr. Sri Gunadi Parwoko melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Imam Budi Santoso kepada awak media, Senin (14/2/ 2022).

Dikatakan  Imam, untuk korban yang terjangkit kasus  DBD di Kabupaten Brebes sejak awal tahun 2022 hingga pertengahan Februari lalu  tercatat  40 Kasus. Dari jumlah tersebut, 4 di antaranya telah meninggal dunia.

"Dari data tersebut, pada anak-anak 90 persen rentan terjangkit DBD, sementara 10 persennya orang dewasa," katanya.

Diterangkan Imam, nyamuk DBD juga baru baru ini telah merenggut seorang anak di Kampung Saditan, Kecamatan Brebes, Jumat kemarin.

"Korban meninggal setelah mendapatkan perawatan medis," terang Imam.

Lanjut Imam guna mencegah hal serupa Dinas Kesehatan Brebes sudah melakukan foging di lokasi yang rawan menjadi sarang jentik nyamuk. Meski begitu, masyarakat di Kabupaten Brebes dihimbau untuk tetap waspada, sekaligus untuk bisa memberantas sarang nyamuk  dengan 3M Plus duantaranya menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. Serta plus hindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu serta menyalakan obat nyamuk.

"Apalagi saat ini sudah musimnya penghujan, jadi masyarakat harus tetap waspada," himbaunya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wilayah Kabupaten Brebes Dimusim Penghujan Kembali Dilanda Kasus Nyamuk DBD

Terkini Lainnya

Iklan