Iklan

terkini

TPA Kalijurang Tonjong Segera Akan Dibuka dan Berfungsi Kembali

11/02/2022, 20:44 WIB Last Updated 2022-02-11T18:46:33Z
EMSTUNEWS.CO.ID, BREBES - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong kabupaten  Brebes yang ditutup untuk sementara waktu sejak Senin (31/1/202),  dan dalam waktu dekat ini  akan segera dibuka kembali.

Hal itu dikatakan Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah Bumiayu Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes Abdullah Sudrajat,
di ruang kerjanya, Jum'at  (11/2/2022)

Dikatakan Sudrajat  TPA  di Desa desa Kalijurang, dilakukan penutupan sementara waktu Dikarenakan adanya kerusakan alat berat buldoser  buatan tahun 1991, sudah 1 tahun kami pakai di TPA tersebut.



Selain itu pihaknya juga sedang melakukan penataan sampah yang  menggunung berasal dari  kota Bumiayu sekitarnya maupun sampah dari  desa desa se Brebes bagian selatan  dan setiap harinya datang puluhan bahkan ratusan armada pengangkut sampah yang membuang sampah dilokasi TPA tersebut 

Menurut Sudrajat, penataan dilakukan karena kondisi jalan di lingkungan TPA licin dan tidak bisa dilintasi armada pengangkutan sampah  dan diperparah dengan turunnya hujan  sehingga sampah hanya bisa diturunkan dipintu masuk lokasi dan sampah  menggunung tidak teratur.

Sudrajat  dalam mengatasi kondisi tersebut pihaknya sudah 2 minggu menggunakan dan  menyewa exavator sewaan  dari kecamatan  Songgom  disamping itu kami juga sudah 3 hari  meminjam exavator dari Dinas Pertanian Kabupaten Brebes. 

Sudrajat menambahkan  bahwa penutupan TPA  hanya diberlakukan bagi armada sampah yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sementara untuk armada reguler (milik Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah) tetap beroperasi.

Sementara hasil pantauan emsatunews.co id selama beberapa hari terakhir ini terlihat pemandangan yang kumuh dan tidak sehat karena aroma bau  kurang sedap di sudut  kota maupun desa  di Bumiayu pasalnya banyak tumpukan sampah yang belum diangkut/dibuang ke TPA  dan ternyata TPA sedang dalam tarap pembenahan alat berat yang rusak/macet.

Diungkapkan Sudrajat dengan adanya kondisi tersebut Bupati Brebes Idza Priyanti,  Kamis (10/2/2022) kemarin usai acara peresmian jembatan Plompong Sirampog sempat meninjau kelokasi TPA di Desa Kalijurang dan Bupati meminta pihaknya memberi waktu  selama  1 minggu mendatang  TPA Kalijurang harus bisa mampu dibuka kembali  dan  TPA berjalan kembali.

"Insyaallah hari ini adanya bantuan buldoser dari Kepala desa (Kades) Winduaji  H Abdurahnan  dipastikan sudah sampai di lokasi TPA Kalijurang" ungkapnya.

Sementara Abdurahman  mengatakan pihaknya  memberikan batuan buldoser secara  gratis tanpa sewa namun buldoser sampai di TPA harus siap dioperasikan.

Sedangkan jalan masuk TPA yang sudah rusak posisi menurun akan dibantu pengurugan dengan sirtu oleh Kades Kalilangkap kecamatan Bumiayu, H M Shobar sehingga pembuangan sampah di TPA Kalijurang  sudah bisa di buka kembali, selain adanya bantuan buldoser dan sirtu dari dua Kades yang peduli ini alat pencacah sampahpun  juga bisa sampai dilokasi TPA yang  didatangkan untuk mengolah sampah.

Ditempat terpisah H. Edi Riyanto selaku  Kades Kalijurang kecamatan Tonjong mengatakan keberadaan TPA tersebut selama ini  menimbulkan keresahan masyarakatnya karena berdampak bagi warga seperti bau busuk yang menyengat dan sangat mengganggu kesehatan maupun  kenyamanan warga.
"Baik saat kemarau maupun musim penghujan  saat ini, warga merasa terganggu," ujarnya. 

Lanjut Edi saat ini mesin pengolah sampah yang untuk mengurangi dampak negatif seperti bau menyengat di lingkungan  TPA akan segera teratasi.

"Namun masyarakat sekitar  diharapkan juga agar bisa diberdayakan dalam pengelolaan sampah nantinya sehingga mereka bisa dapat meningkatkan kesejahteraan melalui program pemberdayaan itu," pungkasnya - (dun)

Editor : imam
 

.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TPA Kalijurang Tonjong Segera Akan Dibuka dan Berfungsi Kembali

Terkini Lainnya

Iklan