Iklan

terkini

Tiga Pilar Ketanggungan Cek Lokasi Tanah Longsor di Desa Ciseureuh

13/02/2022, 18:52 WIB Last Updated 2022-02-13T14:53:34Z


EMSATAUNEWS.CO.ID, BREBES  -  Kapolsek Ketanggungan AKP Suroto, SH bersama satu anggota Bripka Dwi Cahyo mengecek lokasi bencana alam (bencal) tanah longsor di Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Sabtu (12/2/2022) kemarin.

Dalam pengecekan lokasi bencal tanah longsor Kapolsek didampingi Kades Ciseureuh  dan Babinsa.

Kapolsek Ketanggungan Suroto mengatakan Lokasi Bencal tersebut berada ditiga titik lokasi diantaranya  Jalan Desa yang mehubungkan dukuh Ciseureuh - Jalawastu, Dukuh Grogol - Silagading Desa Ciseureuh, dan dilereng Bukit Malereng, masuk hutan Petak 70.C, RPH Ciseureuh, BKPH, KPH  Banjarharjo Timur, KPH Balapulang.

“Matrial tebing tanah longsor tersebut, panjang 30 meter, lebar 5 m, kedalaman 3 meter  dengan menyisakan  Badan jalan sekitar  1,5 meter sehingga tidak bisa di lintasi kendaraan  roda empat ,” kataya.

Dikatakan Suroto tebing longsor, di pinggir jalan yang menghubungkan Desa Ciseureuh dan Pedukuhan Jalawastu, Grogol dan Silagading Desa Ciseureuh dengan ketinggian longsor 10 meter lebar 5 meter itu  sebagian jalan tertutup material batu ,rumpun bambu, dan jalan tidak bisa di lewati kendaraan roda empat.

Selain itu tanah longsor yang menutupi akses jalan menghubungkan Desa Ciseureuh dan Pedukuhan Jalawastu, Grogol dan Silagading dengan Ketinggian longsor 15 meter, lebar 8 meter  juga sebagian jalan tertutup material Batu kecil, tanah, lumpur dan tidak  dapat dilintasi kendaraan roda empat.

“Sehingga  untuk akses jalan tersebut  hanya bisa digunakan untuk kendaraan roda dua/ pejalan kaki saja dan dalam kejadian bencal ini kita lakukan langkah upaya, Kami selaku Kapolsek koordinasi dengan Pemdes Desa Ciseureuh, untuk mengerahkan warga untuk kerja bakti membersihkan longsoran yg berupa tanah batu selanjutnya berkoordinasi dengan instansi terkait dari BPBD dan DPU Kabupaten  Brebes untuk membantu perbaikan infrastruktur jalan," ungkap Suroto.

Lanjut Suroto tidak lupa juga untuk penerangan jalan maupun penerangan desa kita juga Koordinasi dengan PLN untuk dapatnya membantu memindahkan tiang listrik yg berdekatan dengan longsoran sehingga bisa digunakan untuk dilintasi kendaraan roda empat.

Ditempat yang sama Darsono selaku Kepala Desa (Kades) Ciseureuh menuturkan dalam kejadian bencal ini pihaknya bersama perangkat pemerintahan desa juga membantu Kapolsek dalam koordinasi dengan pihak Perhutani RPH Ciseureuh untuk membantu dan memperbolehkan tebing di pinggir jalan di kepras guna melebarkan jalan sehingga bisa digunakan untuk dilewati semua jenis kendaraan tuturnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tiga Pilar Ketanggungan Cek Lokasi Tanah Longsor di Desa Ciseureuh

Terkini Lainnya

Iklan