Iklan

terkini

Tahun 2022, Bumdesma Mandiri Sejahtera Comal Programkan Buka Usaha Wifi Internet Desa

24/02/2022, 00:47 WIB Last Updated 2022-02-24T04:46:54Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Bumdes Bersama (Bumdesma) Mandiri Sejahtera Comal menyampaikan laporan tutup buku tahun 2021 dan program kerja tahun 2022 dalam acara Musyawarah Antar Desa (MAD) yang digelar di House Of Bumdes (HOB) yang beralamat di Desa Sidorejo, Kecamatan Comal, Rabu (23/2/2022).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Dinpermades Kabupaten Pemalang, Sekretaris Camat (Sekcam) Comal, BKAD Comal, Kepala Desa se Kecamatan Comal, Badan Pengawas Bumdesma Mandiri Sejahtera Comal dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Direktur Bumdesma Mandiri Sejahtera Comal, M.Lutfi menyampaikan bahwa pada tutup buku tahun 2021, Bumdesma Mandiri Sejahtera mendapatkan laba bersih sebesar Rp.126.536.465.

"Yang mana secara prosentase pendapatan asli desa (PAD) 50 persen, penambahan modal 10 persen, dewan penasehat 7 persen, sosial dan pendidikan 20 persen, dewan pengawas 3 persen, direktur dan karyawan 5 persen dan dana cadangan 5 persen," beber M.Lutfi.

Kaitannya dengan PAD, kata Lutfi, 17 desa yang ada di wilayah Kecamatan Comal masing-masing mendapatkan PAD sebesar Rp.3.721.661. Jumlah ini diperoleh dari alokasi pembagian deviden PAD sebesar Rp.63.268.233. Menurutnya, uang tersebut nantinya akan disetorkan ke rekening masing-masing desa.

Adapun terkait dengan program kerja tahun 2022, sambung dia, pihaknya masih akan berfokus pada pengelolaan HOB atau Kantor Bumdesma. Dimana di HOB ini juga terdapat restoran. Selain itu juga terdapat kafe dengan progres kedepan akan menyediakan barista kopi.

"Kemudian ada penambahan unit terkait dengan pengelolaan kemitraan bersama dengan komunitas kicau atau gantangan burung," terang Lutfi.

Disampaikan, untuk penguatan usaha HOB ini, Bumdesma Mandiri Sejahtera membutuhkan modal. Perinciannya adalah kebutuhan modal usaha untuk rumah makan sebesar Rp. 50 juta. Kemudian gantangan burung sebesar Rp.20 juta, barista kopi Rp.25 juta dan distributor bahan pangan Rp.200 juta. Bumdesma Mandiri Sejahtera juga berencana akan membuka unit usaha baru berupa Wifi internet desa.

Menurut Lutfi, rencana pendirian usaha Wifi internet desa ini didasari dengan melihat dinamika yang ada sekarang ini. Apalagi unit usaha ini berkaitan erat dengan visi misi Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo dengan Desa Digital (DEDI) dan Desa Sinergi (DESI)-nya.

"Maka dari itu kami mencoba untuk membuka peluang usaha baru tentang Wifi internet desa ini akan segera kami wujudkan," tandas Lutfi.

Penulis : Yanto/Sasongko


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun 2022, Bumdesma Mandiri Sejahtera Comal Programkan Buka Usaha Wifi Internet Desa

Terkini Lainnya

Iklan