Iklan

terkini

Nilai Jumlah Baku PBB 2022 Pemdes Cibentang Bantarkawung Alami Kenaikan Sebesar 20 Juta Lebih Dari Tahun Sebelumnya

17/02/2022, 22:49 WIB Last Updated 2022-02-17T15:49:03Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Seluruh perangkat desa di wilayah Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes saat ini disibukan dengan kegiatan mensortir Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) 2022 yang merupakan Surat Keputusan Kepala KPP mengenai pajak terutang yang harus dibayar dalam 1 (satu) tahun pajak yang telah diterima oleh Pemdes pada awal Februari lalu guna melakukan penarikan pajak bumi bangunan (PBB) kepada wajib pajak/masyarakat.

Kesibukan tersebut diantaranya dilakukan oleh perangkat desa Cibentang Kecamatan Bantarkawung di kantor desa setempat, Kamis (17/2/2022).

Kepala Desa (Kades) Cibentang  Yanto melalui Sekdes Carsam mengatakan Pemdes telah menerima SPPT tahun 2022  dan saat ini sedang dilakukan penyortiran terlebih dahulu oleh beberapa perangkat desa maupun petugas pengutip pajak agar mempermudah dan memperlancar bagi petugas sebelum bergerak untuk menagih kewajib pajak.

Dikatakan Carsam jumlah nilai Baku PBB untuk tahun 2022 di Pemdes Cibentang mengalami kenaikan yang segnifikan sebesar Rp 21 juta lebih dari tahun sebelumnya.

Meski demikian pihak Pemdes harus bisa berupaya merealisasikan dalam pelunasannya ke Kas daerah pasalnya hasil penarikan/pendapatan PBB ini guna menopang PAD  bagi Pemkab  Brebes yang nantinya akan dikembalikan lagi ke desa guna membiayai pembangunan insfrastruktur di desa.

"Jumlah Baku PBB desa Cibentang tahun ini sebesar Rp 93.878.790 dengan jumlah SPPT 3.915 lembar sehingga ada kenaikan baku dari tahun kemarin  yang berjumlah Rp 72.428.879 dan jumlah SPPT 3.909 lembar," ujar Carsam saat ditemui di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Carsam berharap kepada petugas setelah melakukan penyortiran SPPT dan bulan ini sudah mulai bergerak dengan kegiatan  menagih ke wajib pajak sehingga Pemdes pada tahun ini bisa segera melunasi PBB sebelum akhir jatuh tempo yang ditentukan Pemkab Brebes.

Carsam mewanti wanti kepada petugas pengutip PBB agar bisa segera disetorkan dan jangan ada masalah akibat penggunaan uang hasil pajak yang terpakai pasalnya akan berhadapan dengan hukum yang berlaku apalagi baku PBB tahun ini ada kenaikan sebesar Rp 20 juta lebih,  - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nilai Jumlah Baku PBB 2022 Pemdes Cibentang Bantarkawung Alami Kenaikan Sebesar 20 Juta Lebih Dari Tahun Sebelumnya

Terkini Lainnya

Iklan