Iklan

terkini

Masjid Tertua di Kecamatan Wanasari Kab. Brebes

21/02/2022, 08:14 WIB Last Updated 2022-02-21T01:18:40Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Masjid Al Muttaqin (Tempat Orang-orang Bertaqwa)  berdiri di atas tanah wakaf keluarga H. Abu Hasan (Almarhum) seluas 720 m² terletak di Desa Keboledan RT. 22/03  Kecamatan Wanasari, Kab Brebes  berdiri  tahun 1901. Menurut sejarahnya, masjid ini tertua di Desa Keboledan  bahkan di Kecamatan Wanasari, Kab Brebes.

Sejarah berdiri masjid ini sewaktu H. Sirat (Almarhum) putra H. Abu Hasan menuntut ilmu agama di Mekkah selama kurang lebih 15 tahun disuruh ayahanda H. Abu Hasan pulang ke Brebes  Indonesia. "H. Siraj mau pulang asal dibangunkan Masjid  di Keboledan Alhamdulillah H. Abu Hasan mengabulkan permintaan putra Ke 5 dari 6 bersaudara  untuk membangun masjid yang pertama  di Desa Keboledan (Karena saat ini di Desa Keboledan sudah ada 3 Masjid )  dan  diberi nama Masjid Al Muttaqin," kata Ketua Pengurus masjid Al Muttaqin H. Imam Sugiharto saat awak media ini (Emsatunews.co.id) Silaturahim sekaligus Sholat Dzuhur berjamaah, Sabtu (19/02/2022) kemarin.

Lebih lanjut ia menuturkan, karena dimakan usia  banyak kerusakan di sana sini, maka dari itu Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Muhammadiyah memberikan bantuan untuk diperbaiki pada tahun 2007.

"Alhamdulillah sampai sekarang Masjid Al Muttaqin terawat dengan baik  jamaahnya banyak," ujar Ustad Wardino selaku imam Rowatif.

Lebih lanjut ia mengatakan, sholat 5 Waktu "Alhamdulillah" cukup lumayan jamaahnya  2 - 3 Shaf. 

Lebih lanjut H. Imam Sugiharto menambahkan, dalam rangka meningkatkan keimanan dan memperdalam pengetahuan agama, setiap hari  Senin malam selasa  secara rutin diadakan  kajian dan tafsir Alquran. Setiap hari Jum'at juga diadakan gerakan subuh berjamaah dilanjutkan  kajian Al Qur'an serta  sarapan pagi bersama Pengurus dan jamaah masjid Al Muttaqin. (Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masjid Tertua di Kecamatan Wanasari Kab. Brebes

Terkini Lainnya

Iklan