Iklan

terkini

Jembatan Kalikeruh Plompong Damai Akhirnya Terwujud

11/02/2022, 12:58 WIB Last Updated 2022-02-11T06:02:53Z
EMSATUNEWS.CO ID, BREBES - Penantian panjang warga Plompong, Kaliloka dan Wanareja untuk memiliki jembatan permanen, akhirnya terwujud. Jembatan sepanjang 80 meter dan lebar 5 meter itu, membentang di atas Kali Keruh Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, dan diresmikan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, Kamis (10/2).

Bupati Idza berharap, jembatan yang menelan anggaran Rp 11 Milyar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Sekaligus memberikan kemudahan akses masyarakat menuju tempat kerja, bisnis, dan tempat pendidikan serta aktivitas lainnya.



Untuk itu, agar seluruh masyarakat dapat menjaga dan merawat jembatan tersebut supaya awet. Salah satunya tidak melakukan aktifitas pengambilan material sungai yang ada di sekitar jembatan.

Batu dan pasir yang ada dibawah jangan diambili, karena bisa mengancam keberadaan jembatan. Dikhwatirkan jembatan tidak bisa menahan derasnya arus sungai sehingga bisa hancur lagi. Kalau ada yang berani mengambil material sungai, Idza memerintahkan untuk difoto dan dilaporkan agar ditindak. 

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes Abdul Majid menjelaskan, jembatan dibangun dengan panjang 80 dan lebar 5,2 meter. Proyek tersebut dikerjakan PT Cipta Adhi Guna dengan Konsultan Pengawas CV Papan Desain dengan pengerjaan 169 hari kalender.



Jembatan Kali Keruh Plompong Damai, dibangun dengan kontruksi tanpa tiang penyangga tengah mengingat karakter Kali Keruh yang sering banjir dengan membawa matrial bebatuan cukup besar. Bebatuan tersebut, bisa menghancurkan tiang penyangga. Sehingga untuk menghindari jembatan hancur kembali, dibuatlah kontruksi jembatan tanpa tiang penyangga tengah.

Kepala Desa Plompong Suyanto mewakili masyarakat, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Brebes beserta jajarannya. Karena telah merealisasikan keinginan warga di tiga desa membangun jembatan permanen pengganti jembatan lama yang sudah ambruk diterjang banjir beberapa tahun lalu.

Suyanto juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga jembatan yang sudah terbangun dengan tidak mencorat-coret dan membuang sampah di sekitar jembatan. Juga tidak melakukan pengambilan material sungai sebagaimana pesan Bupati Brebes.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita oleh Bupati dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Narjo SH MH. Tampak menghadiri peresmian, beberapa Anggota DPRD Brebes, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tety Yuliana, Kepala BPBD Brebes Nushy Mansur, Perwakilan Kepala OPD, Camat Sirampog dan Forkopincam, Kepala Desa Plompong, Kaliloka dan Wanareja.(Yaser Arafat /Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jembatan Kalikeruh Plompong Damai Akhirnya Terwujud

Terkini Lainnya

Iklan