iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Doni Akbar, SE Gandeng BUMN Gelar Sosialisasi Peran CSR BUMN Untuk Masyarakat di Pemalang

04/01/2022, 14:27 WIB Last Updated 2022-02-23T11:10:08Z


EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Anggota DPR RI Doni Akbar, SE bekerja sama dengan Kementerian BUMN menyelenggarakan sosialisasi peran Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN di masyarakat.Sosialiasi tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Pemalang pada Senin 3 Januari 2022. Doni membuka acara tersebut secara virtual atau daring (Dalam jaringan).


Doni Akbar, SE dalam sambutan secara virtualnya mengatakan bahwa ditengah pandemic yang belum usai serta beratnya tantangan ekonomi global serta regional tidak menyurutkan program-program unggulan BUMN dalam rangka meningkatkan dan memperkuat perekonomian masyarakat dimasa pandemic ini.



"Program bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah program yang digenjot oleh Kementrian BUMN sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi masyarakat," kata Doni Akbar.


Lebih lanjut ia menjelaskan, Kementerian BUMN akan memfokuskan sasaran CSR/TJSL perusahaan BUMN kepada tiga aspek, yakni pendidikan, lingkungan dan UMKM. Dengan begitu, program TJSL yang dijalankan akan segera memberikan dampak yang baik bagi pemulihan ekonomi. Program tersebut sudah memberikan dampak, tapi pemerintah melalui BUMN masih belum puas karena masih menginginkan hasil serta pengaruh lebih besar lagi terutama fokus serta layanan kepada UMKM guna mengembalikan kekuatan UMKM sebagai roda perekonomian.




"UMKM sangat terdampak karena adanya penurunan demand saat pandemi, sehingga UMKM sebagai penyedia barang terpengaruh dengan turunnya daya jual. Ini menjadi tantangan tersendiri sehingga diharapkan kedepan UMKM dapat memiliki standar, memiliki izin, dan arah yang jelas, maka salah satu prioritas utama Bapak Menteri BUMN adalah membantu UMKM untuk bertransformasi digital sehingga dapat membantu UMKM untuk segera pulih dari pandemic dan dapat terus berkembang," ujarnya.


Tujuan digelarnya sosialisasi tersebut menurut panitia yaitu memberikan pengetahuan kepada warga masyarakat tentang program CSR BUMN serta manfaatnya.


Selain itu, sosialisasi juga akan membantu UMKM dapat membangun jejaring serta bertemu dengan ekosistemnya hingga akhirnya dapat bersinergi dengan badan pembiayaan atau financial. Membangun semangat para pelaku UMKM dan masyarakat agar tetap menjalankan usahanya sebagai persiapan pemulihan ekonomi pasca pandemi dan mengarahkan serta mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat membuat sebuah kegiatan usaha yang dapat menghadirkan lapangan pekerjaan.


Even yang bertemakan Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat tersebut diikuti oleh 100 peserta yang meliputi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pemalang dan sebagai nara sumber Fianti Wendah Pramesti, S.S Assistent Manager II Pegadaian Pekalongan.(fah)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Doni Akbar, SE Gandeng BUMN Gelar Sosialisasi Peran CSR BUMN Untuk Masyarakat di Pemalang

Terkini Lainnya

Iklan