Iklan

terkini

CPO Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat, Dua Negara Mendominasi Sedunia

19/02/2022, 22:38 WIB Last Updated 2022-02-19T18:42:43Z

EMSATUNEWS.CO.ID, MEMPAWAH,-Saat membicarakan minyak kelapa sawit atau versi mentahnya yang dikenal sebagai CPO (crude palm oil), duet dua negara Indonesia-Malaysia pasti akan ikut disebut. Duo negara yang bertetangga ini yang mendominasi produksi minyak sawit dunia. 

Saking digdayanya Indonesia dan Malaysia dalam memproduksi dan mengekspor minyak kelapa sawit mentah ke seluruh dunia, Uni Eropa pun tak tinggal diam. 

Uni Eropa berkali-kali berusaha menjegal produk sawit Indonesia dengan menetapkan tarif bea masuk produk sawit. Uni Eropa menggunakan alasan peran perusahaan sawit dalam deforestasi hutan dan peningkatan emisi karbon dalam kampanye anti-sawitnya. 

Tapi kalau dilihat dari kacamata Indonesia dan Malaysia, penolakan terhadap produk sawit ini hanya senjata Uni Eropa untuk melindungi kepentingan pasar domestik mereka dari serbuan minyak nabati dengan harga murah. 

Namun kebijakan Uni Eropa untuk menjegal produk sawit ternyata tak cukup ampuh menahan laju kenaikan harga CPO. Pada awal Mei 2021, harga CPO Malaysia tembus ke rekor tertinggi di atas 4.200 ringgit per ton. Angka ini menjadi yang tertinggi dalam 10 tahun. 

Crude palm oil (CPO) adalah salah satu jenis minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, yakni sekitar 40% dari seluruh jenis minyak nabati. Pemanfaatan minyak ini pun sangat beragam, terutama sebagai bahan pangan, industri kosmetik, industri kimia, industri pakan ternak, dan lain-lain. (*)

Penulis : Welly Harpendi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CPO Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat, Dua Negara Mendominasi Sedunia

Terkini Lainnya

Iklan