Iklan

terkini

Adanya Alih Fungsi Hutan di Brebes Bagian Selatan Kerap Terjadinya Bencal Longsor dan Banjir

18/02/2022, 21:45 WIB Last Updated 2022-02-18T14:45:17Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Insiden bercana alam (Bencal) longsor dan  banjir bandang yang terjadi pada Kamis siang 17 Februari 2022 kemarin di kawasan menuju lokasi Wisata Perkebunan Teh Kaligua Pandansari Paguyangan kabupaten Brebes salah satunya dipicu adanya alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian sehingga diduga menjadi faktor utama terjadinya Bencal tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua tim
Satgas - PB BPBD Bumiayu Kabupaten Brebes Budi Sujatmiko saat menyerahkan logistik kepada warga yang terdampak Bencal, Jum'at (18/2/2022).

Dikatakan Budi pihaknya merasa prihatin dengan kondisi hutan di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan saat ini kawasan hutan lindung atau hutan produksi yang telah beralih fungsi menjadi lahan pertanian sayur mayur sehinhga struktur tanah tidak menjadi kuat saat hujan deras terjadi. Akibatnya titik longsor banyak ditemukan, materialnya terbawa air hujan menuju hilir sungai.

Dengan kondisi ini Budi berharap adanya kepedulian masyarakat agar bisa peduli terhadap hutan tanpa ada peralihan fungsi maupun merusak kondisi hutan.

"Dengan kondisi hutan yang telah  beralih fungsi tersebut harus menjadi perhatian penuh Pemerintah dan dinas terkait untuk menyelamatkan kehidupan alam semesta ini," ujarnya.

Lanjut Budi kerap kali terjadi bencal longsor dan banjir yang membawa material bebatuan dan lumpur yang diduga adanya kerusakan hutan maupun alih fungsi hutan pasalnya banyak temuan titik longsor di atasnya ternyata lahan pertanian sayur, padahal dulu hutan lindung dan hutan produksi," pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Adanya Alih Fungsi Hutan di Brebes Bagian Selatan Kerap Terjadinya Bencal Longsor dan Banjir

Terkini Lainnya

Iklan