Iklan

terkini

Warga Gunung Batu Dapat Pinjaman Tanah Dari Sentul Untuk Usaha Warung

27/01/2022, 22:20 WIB Last Updated 2022-01-28T12:24:12Z


EMSATUNEWS.CO.ID - BOGOR - Banyak manfaat yang diberikan oleh PT. Sentul City, Tbk, kepada warga khususnya di wilayah Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Pinjam pakai lahan yang diberikan Sentul kepada warga, bukan saja digunakan untuk bercocok tanam bidang pertanian, tetapi warga juga memanfaatkan lahan untuk bidang ekonomi seperti membuka usaha warung.


Seperti warga Kampung Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Hasan, mendapat pinjaman lahan dari Sentul seluas 200 meter persegi yang dimanfaatkan untuk usaha warung kecil-kecilan. "Alhamdulilah saya bisa jualan disini, dapat pinjaman tanah dari Sentul, lalu saya bikin warung," ujarnya.


Ia bersama warga lainnya mengaku sangat terbantu atas pinjam pakai lahan dari Sentul, sehingga bisa membuka usaha walaupun kecil kecilan dan hanya mampu untuk menopang kehidupan sehari-hari. Ketika warga dipinjamkan lahan, jelas Hasan, ia membuat perjanjian kerjasama dengan pihak Sentul. "Ada perjanjiannya setiap satu tahun sekali untuk peminjaman inu. Kami hanya menggunakan lahan saja, apabila nanti pihak Sentul akan mengambil lahan ini, yaa silahkan saja, karena lahan ini milik Sentul," ucapnya.


Warga lainnya, Umar yang juga mendapat pinjaman lahan dari Sentul seluas 200 meter dan digunakan untuk usaha warung karena lokasinya ada di pinggir jalan Kampung Gunung Batu, mengucapkan terima kasih kepada pihak Sentul yang sudah membantu warga. "Kami ucapkan terima kasih karena bisa jualan di lahan milik Sentul ini," katanya.


Ia menuturkan, lahan pinjaman itupun bukan saja dipakai untuk usaha warung, tetapi sebagian lahan sisanya dipakai bercocok tanam seperti menanam Singkong, Jagung, Ubi, Talas dan sayur mayur. "Warung saya emang kecil, hanya jualan kopi, mie dan minuman segar. Disini juga jualan kelapa muda yang diminati orang-orang yang melintas di jalan ini. Saya bersyukur dapat pinjaman lahan dari Sentul ini, jadi istri dan saudara saya bisa ikut kerja jualan. Yaa, ngurangi pengangguran juga," imbuhnya.


Selain Hasan dan Umar, warga lainnya Saepudin juga mengungkapkan hal yang sama. Ia sudah puluhan tahun mendapat pinjaman lahan dari Sentul yang digunakan untuk bercocok taman dan sekarang akhirnya membuka usaha warung, karena banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Gunung Pancar. Lokasi jalan Gunung Batu memang strategis menjadi akses jalan bagi wisatawan, sehingga warung-warung di pinggir jalan menjadi obyek istirahat para wisatawan.


"Saya udah puluhan tahun dapat manfaat dari Sentul, dipinjamkan lahan 200 meter persegi. Karena di jalan ini ramai wisatawan, yaa saya akhirnya buka warung saja, padahal sebelumnya saya bercocok tanam juga di lahan pinjaman Sentul itu," tutupnya. (FIRMAN)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Gunung Batu Dapat Pinjaman Tanah Dari Sentul Untuk Usaha Warung

Terkini Lainnya

Iklan