Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Salsabila (7) Binti Caswoyo Miliki Kelamin Ganda Butuh Biaya Operasi Guna Miliki Status

14/01/2022, 21:38 WIB Last Updated 2022-01-14T14:38:52Z
 

BREBES - Salsabila (7) anak ke dua dari pasangan Caswoyo dan Elin Karlina warga dukuh Legok RT. 04/01 desa Legok, kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes  diduga mengalami kelainan pada alat kelaminnya.

Selain mempunyai alat kelamin wanita, seiring bertambahnya usia muncul benjolan mirip kelamin laki laki tumbuh  membesar dan  memanjang padahal sejak kecil Sabila telah dinggap sama dengan teman sebayanya. Namun, ketika Sabila beranjak mendekati umur 4 tahun  sang ibu yang  selalu memperhatikan perkembangan buah hatinya ,karena prilakunya beda dengan umumnya seorang anak wanita sehingga Ibunya merasa heran dan bingung melihat perilaku anak keduanya yang secara fisik perempuan, namun inginnya bergaul dengan teman laki-laki  bahkan Salsabila senang bermain sepak-bola.

Hal ini disampaikan Elin Kaelina selaku ibu kandung kepada emsatunews .co.id dikediamannya Jumat (14/1/2022)

Elin menjelaskan  munculnya benjolan pada alat kelamin terjadi sejak Salsabila berusia 4 tahun 

Dijelaskan Elin berawal saat putinya sesekali menangis menahan rasa sakit dan terus menangis,  menahan sakitnya akibat  dialat kelaminnya muncul pembengkan yang agak panjang jelasnya

Kekhawatiran kedua orang tua Salsabila dibawa ke bidan setempat, untuk diperiksa dan saat diperiksa bidan menduga terkena hernia dan pengobatannya harus menunggu cukup umur sehingga kembali pulang namun semakin lama benjolan itu terus membesar dan  memanjang. 
Dan Orang tua membawa putrinya untuk memeriksakan ke  RSU Alam Medika Bumiayu putinya langsung diperiksa diruang laboratorium.
kemudian Sasabila di bawa dan menjalani pemeriksaan di RSUD Margono Purwokerto hingga dirujuk ke  RSUP Karyadi di Semarang pada pertengahan tahun 2021 lalu

Namun naas ayah Salsabila Caswoyo  saat berada di RSUD Karyadi  Semarang  mendadak  kakinya mengalami lumpuh  total  dengan mempertimbangkan kondisi keluarga miskin,  pengobatan dialihkan kepada Caswoyo sedangkan untuk opersi kelamin Salsabila ditangguhkan.

Kepala desa (Desa) Legok Ali Hakim menjelaskan melalui sambungan telpon bahwa sampai saat ini Salsabila belum di operasi, Pemerintah Desa Legok sedang mengupayakan untuk mendapatkan Kartu BPJS Gratis .

Dikatakan Ali  untuk keluarga Caswoyo berharap kepada Bupati Brebes melalui Dinas Sosial Kabupaten Brebes, adanya kartu BBJS  yang bisa membantu kesulitan warganya yang mengalami kelainan kelamin agar bisa proses operasi dengan segera  dilaksanakan.

Camat Bantarkawung, Slamet Budi Raharjo, S.IP. MSi membenarkan jika operasi  Salsabila ditangguhkan sampai saat ini baru di buatkan BPJS karena mendahulukan Caswoyo ayahnya yang mendadak kakinya lumpuh ucapnya.

Sementara dr Heri Agung Prasetiyo selaku Kepala Puskesmas Bantarkawung menerangkan untuk penanganan kondisi Saldabila  yang memiliki kelamin ganda,  teknis medisnya haruslah oleh dokter spesialis  ssdangkan kita hanya meneriksa kesehatan yang sifatnya umum.

Lanjut Agung sebagai upaya  lainnya bisa bersama dinas terkait, untuk membantu kelancaran tindakan selanjutnya. 

"Dalam upaya untuk dapat meringankan  beban penderitaan Salsabila sebagaimana harapan kedua orang tua agar segera bisa  normal  menyandang status yang jelas," tutur Agung usai mendatangi dan  memeriksa  kondisi kesehatan  Salsabila dirumahnya bersama Forkopimcam Bantarkawung - (dun)

Editor : imam
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Salsabila (7) Binti Caswoyo Miliki Kelamin Ganda Butuh Biaya Operasi Guna Miliki Status

Terkini Lainnya

Iklan