Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Laporan Pengaduan Penyelewengan Penggunaan Bos Diminta Lengkap Agar Bisa Diproses

12/01/2022, 19:26 WIB Last Updated 2022-01-12T12:26:00Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Brebes, Mernawati, SH, MH menyatakan, tidak semua laporan atau pengaduan masalah penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat diproses hukum.

Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Brebes, Mernawati, SH, MH saat acara penerangan hukum bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kabupaten Brebes, di Green Hill Kecamatan Sirampog, Rabu (12/1/2022).

Mernawati mengatakan  seringkali pembuat laporan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan atau hanya mengatasnamakan satu orang tua murid, bahwa ada penyelewengan anggaran BOS. sering kali hanya melaporkan tidak lengkap datanya terkait menyelewengkan dana BOS.

"Tentu tetap kami melakukan  filter dan tidak akan menanggapi kecuali laporan itu lengkap dengan melampirkan bukti hukum, pelapornya, alamatnya, KTP-nya  yang ditujukan dengan  jelas. Tidak hanya satu lembar laporan saja," katanya.

Sementaran kegiatan pertemuan MKKS tersebut, Kajari Mernawati mengingatkan agar penggunaan anggaran khususnya BOS sesuai aturan. Untuk itu dalam pertemuan ini pihaknya memberikan rambu dan arahan yang boleh dilakukan sekolah.

"Kepala sekolah dalam penggunaan dana BOS benar-benar sesuai aturan dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2021. Karena masih banyak mungkin belum terlalu memahami jadi kami memberikan sedikit pemahaman  apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh sekolah," ujarnya.

Sementara Ketua MKKS Kabupaten Brebes Suparnyo, M.Pd menyambut baik penerangan hukum dari Kejari.Menurut Suparnyo., pertemuan itu sebagai bentuk silaturahmi dan koordinasi terkait pengelolaan pendidikan yang baik.

"Kami saling berkoordinasi dan silaturahmi dengan Kejari agar terwujudnya pengelolaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku," tutur Suparnyo.

"Kami berharap dengan kegiatan tersebut akan semakin memahami manajerial dan meningkatkan kepercayaan diri kepala sekolah terhadap masyarakat dalam mencerdaskan anak bangsa," pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Laporan Pengaduan Penyelewengan Penggunaan Bos Diminta Lengkap Agar Bisa Diproses

Terkini Lainnya

Iklan