iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Kelompok Ternak KotaTegal Berinovasi Pakan Ternaknya Terbuat Dari Hasil Fermentasi

02/01/2022, 18:54 WIB Last Updated 2022-01-02T11:54:54Z
EMSATUNEWS.CO.ID, TEGAL - Kelompok peternak kambing di RT 07/02 Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal berhasil melakukan  inovasi dalam menyediakan pakan ternaknya dengan membuat pakan hasil fermentasi berbahan dasar rumput dicacah yang bisa bertahan berbulan-bulan.

Langkah tersebut guna antisipasi kelangkaan pakan di musim kemarau.

Salah satu peternak, Sugiarto (40) mengatakan para peternak diwilayah sudah siap dan beralih melihara ternak dengan pakan sistim fermentasi.

“Peternak sudah bisa bikin pakan fermentasi meski dengan alat seadanya, seperti tabung penyimpanan yang jumlahnya terbatas,” kata Sugiarto saat menerima kunjungan tamu dari Bidang Peternakan Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKP3) Kota Tegal, belum lama ini.

Dikatakan Sugiarto dengan alat pencacah atau pemotong rumput sederhana, bisa membuat pakan ternak fermentasi.walaupun hasil produksi pakan fermentasi masih terbatas.

“Memang belum mampu menghasilkan dalam jumlah besar namun diharapkan inovasi ini, dapat memperoleh dukungan dari instansi pemerintah terkait,” ujarnya.

Kasie Produksi Pertanian dan Peternakan drh Sri Kristiyani, mengatakan sebelumnya pernah ada pelatihan tentang pakan fermentasi yang menghadirkan para ahlinya.

Dari pelatihan tersebut, mampu menghasilkan pakan yang difermentasi dan bisa untuk pakan selama 1 tahun. 

“Karena sudah melalui proses fermentasi, pakan yang dihasilkan bisa lebih awet dan tahan lama,” kata Sri.

Pada pembuatan pakan fermentasi memang banyak modal awal yang dibutuhkan. Namun bisa menghemat tenaga jika membuat secara skala besar. Bahan baku yang dibutuhkan seperti rerumputan, biji-bijian dan sebagainya.

Menurut Sri pada proses pembuatannya pun praktis dan  aman dengan tambahan cairan yang  dicampurkan dan  disimpan dalam tabung gelap udara selama beberapa hari dan mengingat lahan rumput yang juga terbatas, apalagi Kota Tegal wilayah perkotaan, pakan ternak fermentasi bisa menjadi solusi.

“Jadi peternak tidak merasa  dibingungkan lagi untuk mencari rerumputan untuk pakan hewan ternaknya," tuturnya.

Sementara, pada masa peralihan ini, dari pakan rerumputan hijau beralih ke pakan fermentasi, hewan ternak tidak doyan makan meski tidak berlangsung lama. Karena perlahan-lahan hewan ternak seperti kambing tetap mau memakannya.

“Yang perlu diperhatikan pada pembuatan pakan fermentasi adalah kandungan nutrisi pada bahan-bahan yang akan dibuatnya  Jadi jangan sampai pakan fermentasi malah dibuat secara asal-asalan atau sembarang tanpa kandungan nutrisi bagi hewan ternaknya,” pungkasnya. (Aank)

Edotor : imam
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kelompok Ternak KotaTegal Berinovasi Pakan Ternaknya Terbuat Dari Hasil Fermentasi

Terkini Lainnya

Iklan