Iklan

terkini

Idza : islamic Center Potensial Jadi Pasar Malam

24/01/2022, 21:24 WIB Last Updated 2022-01-24T15:06:00Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBESBupati Brebes hj Idza Priyanti SE MH menilai, Kawasan Islamic Center Brebes sangat potensial menjadi Pasar Malam. Terbukti saat Gelar Porduk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) peminatnya sangat membludak sebagai upaya peningkatan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Gelar Produk UMKM dalam rangka Hari Jadi ke-344 Kab Brebes menjadi indikator perlu digelar pasar malam di kawasan Islamic Center.   

Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes saat menutup Gelar Produk UMKM Brebes di Islamic Center, Minggu (23/1).
“Besarnya antusias masyarakat yang datang ke Bazar Produk UMKM, saya optimis kegiatan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Idza.

Lanjut Idza, Keberhasilan penyelenggaraan kali ini, diharapkan menjadi dasar pijakan bagi kepercayaan masyarakat untuk penyelenggaraan di waktu yang akan datang. Sehingga jika memungkinkan dapat diadakan kembali kegiatan yang sama. Tentunya dengan perencanaan dan koordinasi yang lebih matang dan manajemen yang profesional. Satu hal lagi adalah kebersamaan dan koordinasi, harus lebih ditingkatkan, sebab ajang semacam ini, juga memiliki manfaat mempererat silaturahmi di samping manfaat ekonomis.
“Nanti kita evaluasi, kalau layak untuk digelar kembali pasar malam islamic centre, bisa kita agendakan lagi,” ungkap Idza.

Kata Idza, gelaran produk UMKM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional semasa pandemi covid-19. Diharapkan dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga dapat menambah penghasilan pelaku UMKM serta memulihkan kondisi perekonomian.

Gelaran UMKM sangat tepat dijadikan sarana untuk mengenalkan serta mempromosikan produk UMKM, khususnya produk khas Kabupaten Brebes kepada masyarakat. Dengan berbagai kreasi dan inovasi produk UMKM Kabupaten Brebes dapat bersaing dengan daerah lain. Terlebih produk UMKM Brebes sudah banyak tersedia di pasar modern seperti Alfamart, Indomaret juga platform digital di marketplace Bukalapak.

Hal senada disampaikan Owner dari Ceker Ndower Brebes Trilinda Sesilia Antika mengatakan bahwa  Gelar Produk UMKM menjadi angin segar bagi para pelaku UMKM yang ada di Brebes. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19, hampir semua pelaku UMKM itu tingkat penjualannya menurun hampir 70 persen dan sekarang dengan adanya gelaran bazar produk UMKM pendapatannya melejit hingga 100 persen. 

“Dengan adanya gelar produk UMKM di Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes menambah angin segar bagi para pelaku UMKM di Brebes. Semoga ini menjadi trend positif untuk bangkitnya UMKM di Brebes,” ungkap Sisil panggilan akrab Trilinda Sesilia.

Ketua Panitia Bazar dan Pameran Hari Jadi ke-344 Brebes Yulia Hendrawati menjelaskan, gelar produk UMKM berlangsung 14-23 Januari 2022. Semula peserta hanya 47 bertambah menjadi 60 stand.

Diperkirakan omset yang berputar pada gelaran produk UMKM bisa mencapai Rp 5 miliar. Meskipun di gelar di tengah pandemi, panitia memastikan bahwa para pengunjung yang akan masuk ke area wajib menggunakan masker, jaga jarak dan mengecek suhu.
“Semua pengunjung wajib menggunakan masker dan bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker kami menyediakan masker di pintu masuk,” ujarnya.

Di sela-sela acara juga dibagikan doorprise bagi para pengunjung yang bisa menjawab pertanyaan dari Bupati dan jajaran panitia. Bagi pengunjung yang berbelanja dan mendapatkan kupon undian, berkesempatan mendapatkan hadiah 5 ekor Kambing.(SP/BB)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Idza : islamic Center Potensial Jadi Pasar Malam

Terkini Lainnya

Iklan