Iklan

terkini

Dalam Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Wakapolres Beepesan Kepada Bhayangkari Cabang Brebrs

27/01/2022, 12:49 WIB Last Updated 2022-01-27T15:19:02Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Polres Brebes menggelar Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Kepada Bhayangkari Cabang Brebes di Aula Sanika Satyawada Polres setempat,  Rabu (26/1/2022) kemarin.

Wakapolres Brebes Kompol Arwansa yang memimpin  Kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Hukum menjelaskan kegiatan ini dalam Rangka Memberikan pemahaman mengenai peraturan Kapolri, baik mengenai kode etik profesi maupun pelanggaran disiplin anggota.

 “Dari sosiasliasi ini harapannya tidak ada lagi pelanggaran bagi anggota polres brebes, sehingga tugas  sebagai Polri bisa berjalan dengan baik, profesional dan prosedur sesuai dengan mekanisme hukum dengan dukungan dari Bhayangkari,” bebernya.

Arwansa memberikan pesan kepada peserta sosialisasi dan penyuluhan hukum untuk selalu mendukung setiap kegiatan keluarga Polri yang mana sudah bagian tugas dan tanggungjawab guna  mengabdikan sebagai anggota Polri, agar tidak melanggar hukum kode etik maupun pelanggaran displin anggota.

Lanjut Arwansa terkait dengan larangan pamer kemewahan bagi anggota Polri dan keluarga agar anggota Polres Brebes dan Bhayangkari  bersikap hedonis menampilkan kesederhanaan. 

“Agar bhayangkari sebagai  istri anggota Polri bijak bermedia sosial, terus apabila ada permasalahan keluarga diselesaikan di internal keluarga maupun minta konsultasi dan nasehat hukum dari kedinasan dalam hal bisa berkonsultasi hukum ke fungsi seksi hukum serta di sediakan konselor dari kedinasan melalui fungsi Watpers di Bag SDM Polres Brebes,” tuturnya.

Sementara PS. Kasubsibankum, Aipda Joko Kiky Wantono menyampaikan tentang tata cara bantuan hukum di lingkungan Polri. Sesuai dengan Peraturan Kapolri No.2 Tahun 2017 setiap anggota Polri yang memiliki permasalahan hukum berhak mendapatkan bantuan dan nasehat hukum dari dinas baik diluar maupun dalam proses peradilan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Sosiliasasi ini juga bertujuan agar anggota Polri maupun keluarga besar Polri khususnya Polres Brebes mengerti tentang hukum khususnya personil yang bertugas pelayanan Kepolisian, penyidikan suatu tindak pidana, tindakan Kepolisian terhadap pelaku kejahatan dan tugas lainnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, apabila dikemudian hari mendapat permasalahan hukum bisa dan berhak mendapatkan bantuan dan nasehat hukum dari dinas dan Polres Brebes siap,” ujar Joko.

Namun demikian pihaknya berharap itu tidak terjadi di lingkungan Polres Brebes harapannya dengan Perkap dan SOP yang ada untuk menghindari terjadinya kesalahan ataupun pelanggaran yang dilakukan anggota Polri yang berakibat hukum bagi anggota yang melanggar ataupun melakukan kesalahan dalam tugas ungkapnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dalam Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Wakapolres Beepesan Kepada Bhayangkari Cabang Brebrs

Terkini Lainnya

Iklan