Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dandim Sragen isi Wawasan kebangsaan di SMKN 2 Sragen

12/01/2022, 12:11 WIB Last Updated 2022-01-12T05:11:56Z

 


EMSATUNEWS.CO.ID, SRAGEN - Wawasan kebangsaan adalah usaha dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara, sebagai suatu bangsa yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai warga Negara yang baik harus menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air. Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno,S.I.P hari ini mengisi pelajaran wawasan kebangsaan di SMKN 2 Sragen, Rabu, (12/01/2022).


Dalam Ceramahnya dihadapan 121 Siswa  SMKN 2 Sragen, Dandim Lulusan Akmil 2001 tersebut mengatakan bahwa kita harus belajar sejarah bangsa Indonesia yang dulu dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Dijajah itu tidak enak maka dari itu harus belajar dari sejarah masa lalu supaya kesalahan yang dulu tidak terulang kembali. Dahulu pahlawan berjuang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan sampai mengorbankan jiwa raga dan harta benda, untuk itu kita sebagai generasi penerus harus mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan cara masing masing sesuai pekerjaan. 


Kebangkitan Nasional yang merupakan kebangkitan bangsa Indonesia yang mulai memiliki rasa kesadaran nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Utomo tanggal 20 Mei 1908 dan lahirnya Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Dengan bersatu Indonesia butuh 17 tahun untuk bisa merdeka, terbukti dengan Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.


Banyak negara pecah karena perbedaan, beda suku, bahasa dan agama diantaranya Yugoslavia, uni Sovyet, Sudan dll. Pada abad ke 7 Sriwijaya runtuh bukan karena invasi asing tapi karena perebutan kekuasaan. Sejarah terulang pada abad 14 Majapahit runtuh. Persoalan bangsa Indonesia mulai dari Ambon, Aceh, Papua bisa diselesaikan dengan persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, ras agama dan golongan tertentu, untuk itu diperlukan saling menghargai, menghormati perbedaan. Penyampaian aspirasi dipersilakan karena Indonesia adalah negara demokrasi namun lakukan dengan cara yang benar, bukan dengan demo yang merusak atau anarkis.


Di Akhir Ceramah Dandim mewanti-wanti kepada siswa agar patuh kepada orang tua, belajar yang rajin untuk meraih prestasi. Mengembangkan IQ, EQ dan ESQ, Jauhi Narkoba, hindari pergaulan yang merugikan, miliki 1 hobi keahlian sehingga bermanfaat di masa yang akan datang.


Plt Kepsek SMKN 2 Sragen Drs. Suyono, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim Sragen yang telah meluangkan waktu untuk memenuhi undangan untuk mengisi pelajaran wawasan kebangsaan di SMKN 2. "Kami Undang pak Dandim Sragen sebagai Nara Sumber wasbang karena memang sangat pas, karena dari dulu TNI memang terbukti memiliki patriotisme dan nasionalisme yang sangat tinggi" 


"Kami berharap semoga apa yang di ajarkan oleh pak Komandan Kodim Sragen bisa terpatri dalam jiwa anak didik kami" papar Suyono.(*)


Editor : Oji

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dandim Sragen isi Wawasan kebangsaan di SMKN 2 Sragen

Terkini Lainnya

Iklan