iklan

Iklan

iklan

terkini

Tebing Setinggi 10 Meter Alami Longsor Menimpa Dua Rumah Milik Warga Desa Karangpari Bantarkawung

16/12/2021, 21:53 WIB Last Updated 2021-12-16T22:56:19Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dua rumah warga di Desa Karangpari, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes tertimpa tanah longsor, Kamis (16/12/2021) pagi.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan  tebing Longsor setinggi 10 meter itu  terjadi setelah turun hujan deras mengguyur di wilayah Kecamatan Bantarkawung dengan intensitas sedang  sejak pukul 05.00 WIB - 07.00 WIB mengakibatkan  dua bangunan rumah sepanjang 5 meter dan lebar 4  meter pada bagian dapur milik mereka tertimpa material longsoran tanah tebing  setebal 3 meter 

Rumah mereka yang berada dibawah tebing dan 
samping belakang bangunan rumah mereka  namun peristiwa tersebut tidak sampai memakan  korban jiwa.

Peristiwa tebing longsor yang menimbun lahan milik mereka  sepanjang 12 meter termasuk menimpa dua rumah mereka
terjadi sekitar pukul 08.30 WIB  diantaranya milik Muryanto dan Rusdi  warga  Dukuh Karangpari RT 01/05 dengan kondisi rusak berat/ambrug pada bagian belakang/dapur.

Kepala Desa (Kades) Karangpari Fitriyani membenarkan perisriwa yang nenimpa rumah  dua warganya mengalami rusak berat akibat tertimpa material longsoran tebing yang ada di belakang rumah mereka dan peristiwa tersebut telah dilaporkan ke Pemkab Brebes melalui Camat Bantarkawung dan BPBD Brebes.

Sementara Budi Sujatmiko selaku Komandan Satgas PB BPBD Brebes setelah mendapatkan laporan pihaknya bergerak bersama personilnya langsung menuju ke lokasi untuk memberikan penanganan dengan melakukan assesment terkait kronologi dan dampak kejadian.

"Satgas PB, Relawan dan Masyarakat setempat  melakukan kerja bhakti dengan membersihkan materia longsor," kata Budi.

Budi menghimbau apabila terjadi hujan baik intensitas sedang maupun tinggi  warga untuk segera mengungsi dikarenakan adanya potensi longsor susulan  pada kondisi di atas tebing, pasalnya  kondisi tanah yang sudah sangat jenuh ditandai dengan adanya retakan dan kemiringan tebing yang sangat curam.

"Kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam beraktifitas baik di dalam maupun diluar ruangan mengingat sekarang sudah masuk musim penghujan dengan intensitas yang terkadang cukup exstrim," pungkas Budi - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tebing Setinggi 10 Meter Alami Longsor Menimpa Dua Rumah Milik Warga Desa Karangpari Bantarkawung

Terkini Lainnya

Iklan