iklan

Iklan

iklan

terkini

Ruang PICU di RSUD Brebes Siap Layani Penanganan Anak Dengan Kondisi Kritis

01/12/2021, 18:53 WIB Last Updated 2021-12-01T11:53:23Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kondisi  ruang PICU di Rumah Sakit Brebes, merupakan sarana yang sangat penting dalam membantu penanganan anak dengan kondisi yang kritis.

Pediatric Intensive Care Unit atau ICU anak adalah ruang perawatan intensif di Rumah Sakit Brebes, yang baru di Launching awal bulan November 2021 lalu dan ruang PICU khusus anak dengan gangguan kesehatan serius atau yang berada dalam kondisi kritis. Anak-anak yang dirawat  di PICU mulai dari bayi berusia satu bulan sampai anak remaja berusia 18 tahun.

Anak yang dirawat di ruang PICU akan mendapatkan pengawasan tim medis dengan tersedianya berbagai peralatan kesehatan yang lengkap.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Brebes dr. Aries Suparmiati, M.Sc, Sp.A mengatakan keberadaan ruang PICU tersebut ada di gedung B lantai tiga dengan fasilitas tujuh tempat tidur dan dua ruang isolasi yang sudah disiapkan," kata Aries kepada awak media, Selasa (30/11/2021) kemarin.

Dikatakan  Aries kondisi anak yang membutuhkan perawatan di ruang PICU adalah bila kebutuhan medisnya tidak dapat terpenuhi di ruang perawatan biasa.

Perawatan dan Peralatan Medis yang tersedia di ruang PICU, Layaknya ruangan perawatan intensif (ICU) yang ada di RSUD Brebes yang  dijaga selama 24 jam oleh tim medis yang bertugas secara bergantian dalam sistem kerja shift, untuk memonitor dan merawat pasien.

"Ruang PICU umumnya dijaga agar tenang, di mana tidak banyak orang diperbolehkan untuk membesuk, dan jumlah pasiennya lebih sedikit dari ruang perawatan umum. Tujuannya adalah agar pasien terhindar dari infeksi,” ujarnya

Lanjut Aries, dirinya menghimbau, masyarakat Kabupaten Brebes khususnya yang membutuhkan perawatan ICU anak, tidak usah takut karena di RSUD Brebes tetap melayani pasien dengan menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) meski  kasus pandemi Covid-19 sudah sangat rendah. "Kami tetap melakukan screening, sehingga pasien sudah menempati zonanya masing-masing, baik itu zona Covid maupun zona non Covid," ujarnya.

"Kami tetap memakai prokes  sehingga jangan takut karena  komitmen kami dari jajaran Direksi dan semua karyawan RSUD Kabupaten Brebes berupaya untuk terus meningkatkan Pelayanan kesehatan bagi masyarakat, mudah-mudahan kedepan banyak inovasi-inovasi baru dan layanan unggulan yang sedang kami garap,” pungkasnya. - (imam).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ruang PICU di RSUD Brebes Siap Layani Penanganan Anak Dengan Kondisi Kritis

Terkini Lainnya

Iklan