iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Mengisi Liburan Sekolah Portina Desa Pepedan Tonjong Gelar Lomba Tradisional Era Tempo Dulu Yang Nyaris Pudar

30/12/2021, 17:41 WIB Last Updated 2021-12-30T10:41:39Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Portina (Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia) Desa Pepedan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, menggelar Festival Dolanan Tradisional selama 3 hari, 29-31 Desember 2021 di halaman SDN Pepedan.

Adi Hardiyan SH.MH selaku Sekretaris Desa (sekdes) Pepedan menyanpaikan  beragam jenis permainan tradisional diperlombakan seperti gobak sodor, bakiak, barlen, egrang, boi-boian, tarik tambang, congklak, lompat tali, panggalan, kelereng, jangka, dan bola bekel. Untuk pesertanya sendiri adalah anak-anak dari wilayah 9 RT.

“Kita melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Pepedan untuk nyengkuyung kegiatan yang bertujuan untuk mengisi liburan sekolah dan mengurangi kecenderungan anak bermain handphone,” katanya dilokasi lomba , Kamis (30/12/2021).

Dikatakan  Adi untuk mencegah kerumunan, panitia membagi kegiatan menjadi 3 hari. Hari pertama dilombakan gobak sodor dan bakiak, ditambah jenis permainan tradisional lain yang ditampilkan. Kemudian hari kedua dilombakan egrang dan barlen serta menampilkan permainan tradisional pendukungnya. Sedangkan di hari ketiga dilombakan boi-boian dan tarik tambang, serta permainan tradisional sebagai pendukungnya.

"Lomba tersebut digelar selana 3 hari itu tentunya panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes)" ujarnya

Menurut Adi kegiatan tersebut juga untuk pengenalan dolanan anak tradisional kepada generasi milenial, termasuk melatih segenap organisasi pemuda Pepedan untuk tetap produktif di tengah pandemi covid-19.

Sementara Noval Haidar selaku Jetua panitia mengatakan  selain mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak, pihaknya berharap dengan kesibukan anak selama 3 hari itu maka mereka tidak bepergian ke luar atau ke tempat-tempat wisata selama Nataru 2022 pasalnya pandemi Covid 19 masih berlangsung

Lanjut Noval untuk menambah semarak kegiatan, permainan dibagi menjadi 2 kategori, yakni permainan perlombaan dan permainan yang ditampilkan.

Bagi yang memenangakan perlombaan tersebut akan mendapat sertifikat dan uang pembinaan 

“Penyerahan hadiah konteskan akan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2021 nanti, saat perayaan malam tahun baru,” pungkasnya - (imam)

 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengisi Liburan Sekolah Portina Desa Pepedan Tonjong Gelar Lomba Tradisional Era Tempo Dulu Yang Nyaris Pudar

Terkini Lainnya

Iklan