iklan

Iklan

iklan

terkini

Linmas Harus Mampu Menjaga Kamtibmas dan Menjadi Pelopor Penggerak Pengamanan Swakarsa di Tengah Masyarakat

17/12/2021, 19:04 WIB Last Updated 2021-12-17T12:04:35Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas, Pemerintah Desa Gununglarang  Kecamatan Salem Kabupaten Brebes menggelar pelatihan di Aula kantor desa setempat Jumat (17/12/2021)
Pj Danramil 13 Salem Kodim.0713 Brebes Pelda Rakhmat Wahyudi mengatakan 
tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat pada situasi Pandemi Covid-19. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Dikatakan Rakhmat dalah satu tugas pokok dan fungsi linmas salah satunya saat penanggulangan bencana alam (Becal) mengingat kondisi wilayah kecamatan Salem merupakan daerah yang rentan dan rawan bencal longsor bahkan saat ini sudah memasuki paska penghujan sehingga linmas harus bisa sigap manakala terjadi bencal diwilayahnya.

Lanjut Rakhmat selain itu Linmas juga harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat.

"Linmas juga didorong untuk membaur dengan Forkopimcam maupun kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa," tuturnya.

Kepala desa (Kades)  Gununglarang Rasid mengatakan terselenggamya kegiatan ini Pemdes Salem menggunakan anggaran Dana desa (DD) 2021.

Menurut Rasid indikator suksesnya pelatihan linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencal, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Lanjut Rasid pihaknya memyampaikan terima kasih  kepada Forkopimcam Salem khusunya yang memberikan materi pembekalan linmasnya

Sementara pemberi materi pembekalan pelatihan linmas ini diantaranya dari Serka Wasim anggota Koramil 13 Salem, Edi Zubaedi SH Kasatpol PP dan anggota Polsek Salem kegiatan berlangsung lancar  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang diakhiri dengan pemerian materi praktek baris berbaris (PBB) di lapangan Volly Cimanggu Garden desa setempat. - (imam)

     
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Linmas Harus Mampu Menjaga Kamtibmas dan Menjadi Pelopor Penggerak Pengamanan Swakarsa di Tengah Masyarakat

Terkini Lainnya

Iklan