iklan

Iklan

iklan

terkini

Kades Surajaya Lantik Pejabat Kadus 1 dan Kadus 3

20/12/2021, 19:20 WIB Last Updated 2021-12-20T13:21:19Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Pemerintahan Desa Surajaya, Kecamatan/Kabupaten Pemalang melaksanakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat desa formasi Kepala Dusun 1 (Surajaya) dan 3 (Silarang), bertempat di balai desa, Senin (20 Desember 2021).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Kepala Desa Surajaya, Wasno terhadap Selvi Yanuari untuk jabatan Kadus 1 dan Budiningsih ( Kadus 3). Hal ini berdasarkan keputusan Kepala Desa Surajaya No.141/349/2021 tentang Pengangkatan Perangkat Desa Surajaya Tahun 2021.


Lewat sambutannya, Kepala Desa Surajaya, Wasno mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Desa Surajaya, khususnya kepada panitia penjaringan perangkat Desa Surajaya tahun 2021 yang sudah bekerja dengan akuntable, terbuka dan transparan.

Menurutnya, proses awal pelaksanaan tahapan penjaringan untuk 2 formasi itu diikuti oleh 30 peserta. Mereka selain dari Desa Surajaya juga ada yang berasal dari desa lainnya. Selanjutnya mereka melaksanakan serangkaian tahapan seleksi. Pada tahapan seleksi yang terakhir yaitu ujian tes tertulis menyisakan 14 peserta.

Sebanyak 14 peserta itu, papar dia, terdiri dari 6 peserta mengikuti ujian tes tertulis untuk pengisian formasi Kadus 1 dan 8 peserta lainnya untuk pengisian formasi Kadus 3. Pada pelaksanaan tahapan ujian tes tertulis tersebut, diketahui peserta dengan perolehan nilai tertinggi yaitu Selvi Yanuari (formasi Kadus 1) dan Budiningsih (formasi Kadus 3). Selvi Yanuari merupakan peserta asal Desa Surajaya dan Budiningsih dari Desa Saradan, Kecamatan/Kabupaten Pemalang. 

"Artinya disini panitia melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku dan bisa dipertanggungjawabkan," tandasnya.

"Sekali lagi, kami atas nama Pemerintahan Desa mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia," imbuhnya. 

Wasno mengingatkan kepada semua jajaran perangkat desanya bahwa tantangan dan tanggungjawab serta kinerja sebagai pejabat pemerintahan desa semakin berat. Sehingga semuanya perlu bekerjasama, bekerja keras dan bekerja tuntas.

Ia pun meyakini semua perangkat memahami fungsi dan tugasnya masing-masing. Secara prinsip sebagai pejabat pemerintahan desa adalah melaksanakan program dari pemerintah. 


Sementara itu, Camat Pemalang, Suhirman mengucapkan selamat kepada perangkat desa yang baru dilantik. Ia berharap setelah menjadi perangkat desa supaya harus mengikat diri batinnya dan mengikat diri tanggungjawabnya.

"Kadus itu tanggungjawabnya berbeda dengan perangkat desa lainnya. Kadus ini karakteristik tugasnya berbeda. Karena apa, karena pegang kewilayahan. Sebab dusun itu wilayah. Yang dibatasi oleh batas-batas wilayah administratif pemerintahan. Sehingga ada wewenang dan ada tanggungjawab di dusun itu," tandasnya.

Suhirman kembali mengingatkan bahwa tugas kadus karakteristiknya berbeda dengan jabatan perangkat desa lainnya. Seorang kadus harus bisa 'ngemong' warganya. Selain itu, harus bisa menggerakan masyarakat, memelihara lingkungannya dan lain sebagainya. Sehingga untuk bisa melaksanakan hal itu, harus ada modal sosial yang kuat.

"Kalau kadus tidak ada modal sosial, itu berat. Modal sosial itu ringan tapi berat untuk menjalankannya. Modal sosial itu yakni silaturahmi, menyambung rasa kita kepada warga masyarakat. Sepertinya sepele tetapi praktiknya susah. Tidak mudah untuk penjabarannya," tegasnya.

Maka dari itu, dirinya berpesan kepada dua pejabat kadus yang baru dilantik supaya mulai sekarang bangun komunikasi dengan tokoh-tokoh penting di dusunnya masing-masing. Ini menjadi kunci untuk bisa menerobos menggerakkan masyarakat. Dirinya meyakini jika hal itu tidak dilakukan, tugas dan fungsi pokok selaku kadus dipastikan tidak bisa berjalan secara maksimal.


Terpisah, Selvi Yanuari, mengaku sangat lega usai menjalani proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat desa formasi Kadus 1. Ia pun berdoa supaya kedepannya dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Disinggung kaitannya dengan pesan Camat Pemalang, Selvi Yanuari mengungkapkan bahwa dirinya sejak awal memang sudah mempunyai gambaran soal bagaimana tupoksi selaku kadus. Menurutnya dengan adanya pesan dari Camat Pemalang justru semakin menambah motivasinya untuk bekerja lebih baik lagi.

"Insya Allah kalau (urusan) sosial ya saya bisa istiqomah. Bisa merangkul semua lapisan masyarakat, bisa terbuka 24 jam untuk bisa melayani masyarakat," pungkasnya. 

Penulis : Yanto

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kades Surajaya Lantik Pejabat Kadus 1 dan Kadus 3

Terkini Lainnya

Iklan