iklan

Iklan

iklan

terkini

Kades Kebagusan Lantik Khiliyatul Aulia Sebagai Kadus 1

23/12/2021, 20:16 WIB Last Updated 2021-12-23T15:11:19Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Khiliyatul Aulia, S.E resmi menjabat sebagai Kepala Dusun 1 di Pemerintahan Desa Kebagusan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Khiliyatul Aulia dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Kepala Desa Kebagusan, Imam Widodo di Aula Balai Desa, Kamis (23 Desember 2021).

Hadir pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat Desa Kebagusan diantaranya Forkompimcam Ampelgading, jajaran perangkat desa, BPD, LPMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT dan RW, TP. PKK dan warga masyarakat Desa Kebagusan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kebagusan, Imam Widodo mengatakan bahwa pada hari ini dilakukan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap Khiliyatul Aulia sebagai Kadus 1. Dengan demikian, formasi perangkat desa di lingkungan Pemerintahan Desa Kebagusan sudah terisi semua.

Dirinya berharap dengan formasi yang lengkap akan lebih meningkatkan kinerja pemerintahan desanya dalam melayani masyarakat. Sebelumnya, jabatan Kadus 1 diampu oleh Kasi Pemerintahan. Namun sekarang telah dilantik pejabat Kadus 1 definitif dan siap untuk melaksanakan tugasnya.

"Kita beri dukungan kepada saudara Khiliyatul Aulia yang baru saja dilantik untuk melaksanakan tugasnya sebagai Kadus 1," ajak Imam.

Disampaikan bahwa Pemerintah Desa Kebagusan selalu siap menerima saran dan kritikan dari masyarakat. Kritikan itu bisa disampaikan langsung kepada dirinya maupun dengan jajarannya.

Pada kesempatan ini, ia pun mengajak kepada seluruh stakeholder Desa Kebagusan untuk selalu memberi dukungan terhadap Pemerintah Desa Kebagusan dalam melaksanakan program-program yang diberikan oleh pemerintah, baik pemerintah kabupaten, propinsi maupun pusat.

Diakhir sambutannya, dirinya kembali mengajak masyarakat Desa Kebagusan, khususnya kepada warga di wilayah Dusun 1 untuk bersama-sama mendukung perangkat desa yang baru dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kadus 1.

Sementara itu, Camat Ampelgading melalui Sekretarisnya, Wiyono, S.H mengucapkan selamat kepada Khiliyatul Aulia yang telah resmi menjabat sebagai Kadus 1. Kepadanya, pihaknya mengucapkan selamat bertugas.

Kepadanya pun, ia menyampaikan pesan dari Camat Ampelgading agar tugas pokok dan fungsinya sebagai Kadus untuk segera dipahami. Uraian tugas sebagai Kadus agar dikaji kembali untuk dijadikan perincian kegiatan yang harus dijalankan.

"Aturan sudah jelas. Surat tugas sudah jelas. Segera dipahami apa-apa yang menjadi tanggungjawab saudara. Dilihat tugasnya. Urai tugasnya seperti ini. Coba dikaji lagi menjadi rincian kegiatan yang menjadi kegiatan yang harus dijalankan," pesannya.

Dijelaskan bahwa tugas Kadus meliputi kewilayahan. Akan tetapi tidak bisa melepaskan aktualisasinya yang pangkalnya ada di desa. Begitu pula dalam melakukan aturan-aturan kepegawaian yang juga berpangkal di desa.

Kedepan, kata dia, tugas-tugas tata kelola pemerintahan juga akan semakin meningkat. Transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan koordinasi menjadikan indikator ukur tata kelola pemerintahan yang baik.

"Di dalam desa itu pertama, ada transparansi atau keterbukaan. Sehingga masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah. Kedua ada partisipasi masyarakat. Sekarang ini masyarakat bukan hanya sebagai obyek saja, tetapi sebagai subyek pembangunan dan ikut berbaur dengan pemerintah desa dalam membangun desa," ujarnya.

"Yang ketiga akuntabilitas pertanggungjawaban kepada masyarakat. Inilah yang menjadi beban. Bagaimana mengelola tata pemerintahan di desa ini dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Adapun yang keempat adalah bagaimana pola koordinasi antara pemerintah desa dengan masyarakat. Makanya sebagai Kadus 1, panjenengan harus siap berperang untuk bagaimana bisa melaksanakan tugas itu dengan maksimal," imbuhnya.

Penulis : Yanto


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kades Kebagusan Lantik Khiliyatul Aulia Sebagai Kadus 1

Terkini Lainnya

Iklan