iklan

Iklan

iklan

terkini

Diduga Dikerjakan Tak Sesuai Spek, Proyek Rabat Beton DD Mojo Baru 2 Bulan Sudah Rusak

25/12/2021, 20:45 WIB Last Updated 2021-12-25T14:42:50Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Proyek pembangunan jalan Rabat Beton yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Pemalang diduga tak sesuai spek. 

Hal itu terungkap menyusul adanya keluhan dari warga. Menurut warga, proyek itu baru 2 bulan selesai. Namun kondisinya kembali rusak. Proyek tersebut berlokasi di Gang Kampus Dusun 1 dan RW 02.

Dari keterangan salah satu warga bahwa bangunan Rabat Beton itu kondisinya sudah jeplak. Diduga hal itu disebabkan karena komposisi semen yang digunakan terlalu sedikit. Warga pun menyampaikan keluhannya ke Pemerintahan Desa Mojo.

"Banyak warga melihat dan bilang bangunan baru kok sudah rusak, banyak yang jeplak. Mikirnya apakah semennya kurang atau apa. Setelah warga protes terus baru ditutup aspal. Itu dilakukan sekitar 2 minggu yang lalu," ungkap seorang warga setempat yang enggan disebut namanya. 

Kepala Desa Mojo, Risyanto saat dikonfirmasi membenarkan telah mendapat keluhan dari warganya terkait kerusakan jalan rabat beton yang dikerjakan pertengahan September 2021 lalu.

Risyanto beralasan kerusakan tersebut dikarenakan persoalan teknis dan faktor cuaca. Ia mengatakan bahwa kerusakan tersebut sudah diatasi dengan cara melapisi permukaan beton dengan aspal melalui pembiayaan swadaya dari warga. 

"Informasi dari pendamping bahwa splitnya, katanya yang baru datang tidak dibersihkan dulu. Tapi cuma bagian atasnya saja kalau dilewati ngebul. Kalau aspal pakainya swadaya dari masyarakat, bukan menggunakan dana desa. Tidak tahu anggarannya berapa," ujarnya.

Sementara itu, Ketua LSM Keong Senyap Agus Riyanto menganggap kerusakan jalan Rabat Beton yang baru dikerjakan di Desa Mojo itu disebabkan mutu yang kurang baik. 

"Dalam hal ini seharusnya TPK dan desa yang bertanggung jawab. Bukan malah warganya yang swadaya mengeluarkan biaya untuk aspal demi menutupi kesalahan pengerjaan betonnya," dalam keterangan persnya, Sabtu 25 Desember 2021. 

Jika mau dihitung, sambung dia, dengan anggaran sekitar 159 juta untuk kebutuhan pembangunan jalan Rabat Beton sepanjang 130 m
itu seharusnya bisa mendapatkan kualitas yang bagus. 

"Maka dari itu kita sebagai lembaga sosial kontrol akan melaporkan dugaan penyimpangan anggaran DD dalam proyek ini. Kita sudah kumpulkan bukti dan keterangan serta berkonsultasi dengan biro hukum kami," tandasnya. (Sasongko)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Dikerjakan Tak Sesuai Spek, Proyek Rabat Beton DD Mojo Baru 2 Bulan Sudah Rusak

Terkini Lainnya

Iklan