iklan

Iklan

iklan

terkini

Anggota TP PKK Desa Pruwatan Bumiayu Dibekali Cara Buat Batik Ecoprint

17/12/2021, 17:44 WIB Last Updated 2021-12-17T10:44:37Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Seluruh anggota Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes mengikuti edukasi pembuatan batik Ecoprint yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat Kamis (16/12/2021) kemarin.

Tampak anggota TP PKK yang beranggotakan ibu-ibu sangat antusias mengikuti edukasi batik Ecoprint, mereka dibekali cara membuat kreasi batik mulai pagi hingg sore hari.
Kepala Desa (Kades) Pruwatan, Rasiman SH mengatakan  pelatihan ibu-ibu TP PKK dalam edukasi batik Ecoprint kedepan mereka bisa membuat kreasi batik sendiri sesuai yang didapat dari pelatihan tersebut  

Dikatakan Rasiman dalam kegiatan ini menghadirkan  narasumber dari luar daerah.

"Pemdes Pruwatan dengan ketertarikan pelatihan batik Ecoprint berawal dari informasi dari desa lain yang telah mempraktekkan kepada anggota TP PKK dan kegiatan tersebut didanai dari dana desa (DD)," ujarnya.

Dijelaskan Rasiman, ecoprint berasal dari kata eco yang berarti Ekosistem dan Print yang berarti Cetak, maka dapat diartikan batik ecoprint adalah batik yang dibuat dengan cara mencetak dengan bahan bahan yang terdapat dari alam.

“Selama ini kita belum tahu, siapa yang menyangka aneka dedaunan yang ada di sekitar kita dapat bermanfaat dan punya nilai ekonomi tinggi menjadi kerajinan batik,” jelasnya.

Lanjut Rasiman dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan beberapa narasumber dibidangnya diantaranya Wahyu Dwi Maryati penyuluh Kehutanan CDK provinsi Jateng Wilayah VII, Sefni Marviana dan Satini Kiara dari Kelompok Ecoprint Banjarnegara.

Tambah Rasiman  mengungkapkan kondisi  wilayahnya yang kaya dengan pepohonan dan tubuh tumbuhan yang merupakan salah satu sebagai  bahan baku untuk batik Ecoprint dengan harapan TPKK diwilayahnya bisa membagikan ilmunya kepada masyarakat untuk bida dikembangkan dan bisa memproduksi batik sendiri pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota TP PKK Desa Pruwatan Bumiayu Dibekali Cara Buat Batik Ecoprint

Terkini Lainnya

Iklan