Cloud Hosting Indonesia

Selasa, November 16

Tumbuhan Eceng Gondok Yang Tumbuh Subur di Sungai Sigeleng Desa Randusanga Brebes Dibersihkan

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kondisi tumbuhan gulma air/eceng gondok yang tumbuh dengan subur di aliran sungai Sigeleng mulai dibabat guna langkah restorasi aliran sungai ini untuk menekan risiko bencana banjir di wilayah perkotaan Brebes. 

Tampak pembersihan eceng gondok dilakukan dengan menggunakan alat berat beko dalam upaya penanganan banjir disaat hujan sehingga aliran sungai  bisa lancar.

Dari hasil pembabatan/pembersihan  eceng gondok ditempatkan di bibir tanggul sungai Sigeleng. Untuk diangkut menggunakan truk untuk dibuang.  

"Alhamdullilah, eceng gondok itu mulai dibersihkan. Karena selama ini mengganggu aliran sungai Sigeleng dengan mengakibatkan banjir yang merendam pemukiman warga,” kata salah satu warga  setempat Supri, (42) Selasa (16/11/2021).

Dikatakan Supri, pihaknya setiap hari melewati lokasi tersebut melihat eceng gondok semakin tumbuh subur  manakala tidak ditangani  mulai sekarang kapan lagi dibersihkan? "Paling tidak aliran sungai  bisa lancar, sehingga terjadi banjir air surutnya lebih  cepat,” ujar Supri asal Desa Randusanga Kulon tersebut. 

Sebelumnya, Bupati Brebes Idza Priyanti  meminta kepada seluruh elemen masyarakat, untuk saling peduli terhadap lingkungan sendiri termasuk, bergotong royong membersihkan drainase ataupun gorong-gorong di wilayah masing-masing.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk ikut peduli di lingkungan masing-masing termasuk membuang sampah jangan sampai sembarangan. Juga perlu kesadaran menanam pohon walau di atas sejengkal tanah," tutur Idza.- (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top