Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Tim Visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya Berkunjung Ke Bumdesma Rukun Makmur

26/11/2021, 20:05 WIB Last Updated 2021-11-27T22:32:35Z

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Tim visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya, Propinsi Aceh melakukan kunjungan kerja ke Bumdesma Rukun Makmur Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Kedatangan tim visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya didampingi ketua Dekranasda Kabupaten Pemalang, Shanty Rosalina Mansur beserta rombongan.

Kedatangan rombongan disambut Direktur Bumdesma Rukun Makmur, Sardiyan beserta jajaran pengurus di Rumah Produksi Perikanan Ikan Bandeng di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami, Jumat (26 Nopember 2021). Rombongan kemudian berkesempatan untuk melihat sejumlah produk olahan makanan yang diproduksi oleh Bumdesma tersebut.

Sejumlah produk olahan makanan yang diproduksi Bumdesma Rukun Makmur itu diantaranya Sale Bandeng, Bandeng Presto, RM. Bakery de' Bumdes, Rengginang Bandeng, Olahan Ronce Bunga Melati dan Jahe Abang. Tim visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya tampak antusias dengan produk olahan makanan tersebut.

Direktur Bumdesma Rukun Makmur, Sardiyan dalam kesempatan itu juga memberikan pemaparan kepada tim visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya mengenai seputar tentang wilayah Kecamatan Ulujami dan potensi-potensi yang dimilikinya. Menurutnya, potensi yang ada di wilayah Kecamatan Ulujami diantaranya seperti pada sektor perikanan ada budidaya udang vaname dan ikan bandeng dengan luasan lahan tambak yang mencapai ribuan hektare. Kemudian potensi di sektor pertanian ada budidaya bunga melati.

"Kami mengembangkan sebuah proses inovasi terkait dengan bunga melati ini untuk dibuat proses olahan yang diolah menjadi minyak biangnya bunga melati. Ini sebuah inovasi yang nantinya akan tetap kami lakukan," terang Sardiyan.

Lebih lanjut Sardiyan menerangkan bahwa wilayah Kecamatan Ulujami juga menjadi pusatnya kegiatan usaha konveksi di Kabupaten Pemalang. Bahkan, produk konveksi dari Kecamatan Ulujami ini banyak ditemui di sejumlah titik sentral perbelanjaan yang ada di Jakarta.


"Selain itu disini juga ada hutan mangrove yang berada di Desa Mojo. Hutan Mangrove ini juga menjadi hutan internasional. Karena beberapa negara seperti dari Singapura, Jepang dan lain sebagainya pernah datang kesana. Dan mereka pun mengakui bahwa hutan mangrove Mojo itu menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan," tukas Sardiyan seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Dekranasda Kabupaten Nagan Raya dan juga ketua Dekranasda Kabupaten Pemalang beserta rombongan yang telah berkenan hadir di Bumdesma Rukun Makmur. Dengan adanya kunjungan ini, Sardiyan berharap, semoga akan menjadikan motivasi bagi pihaknya untuk lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayah Kecamatan Ulujami pada khususnya dan di Kabupaten Pemalang pada umumnya.

Sementara itu, Camat Ulujami Yanuar Nitbani menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan kunjungan kerja ketua Dekranasda Kabupaten Nagan Raya yang tidak lain istri Bupati Kabupaten Nagan Raya beserta rombongan ini adalah untuk melihat potensi yang ada di Kabupaten Pemalang, khususnya di wilayah Kecamatan Ulujami.

"Mereka ini ingin tahu setelah memperoleh kabar dari media bahwa keunggulan Kabupaten Pemalang, khususnya di Kecamatan Ulujami itu adalah produk bandeng yang menurut Pak Sardiyan bahwa produk ini sudah diekspor. Kemudian budidaya udang vaname dan ikan bandeng yang sangat potensial untuk dikembangkan. Jadi Pemda Nagan Raya ingin tahu dan melihat secara langsung, yang mana pada gilirannya nanti mudah-mudahan dapat dikembangkan disana," ujar Yanuar.

Yanuar mengungkapkan berdasarkan penuturan dari ketua Dekranasda Kabupaten Nagan Raya bahwa tim akan menyampaikan kepada Bupati Nagan Raya tentang potensi yang ada di Kabupaten Pemalang, khususnya di wilayah Kecamatan Ulujami. Sehingga tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada agenda kegiatan kunjungan kedua yang secara langsung dilakukan oleh Bupati Nagan Raya ke Kabupaten Pemalang. 

Yanuar berharap semoga masyarakat Kecamatan Ulujami hidup rukun dan makmur. Selain itu Bumdesma Rukun Makmur bisa semakin berkembang lagi. Ia pun mengapresiasi kepada Bumdesma di wilayahnya itu yang sudah tiga kali ini menerima kunjungan tamu dari luar daerah. Selain dari Kabupaten Nagan Raya, Bumdesma Rukun Makmur sebelumnya juga pernah kedatangan tamu dari Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Kendal. (Yanto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Visitasi Dekranasda Kabupaten Nagan Raya Berkunjung Ke Bumdesma Rukun Makmur

Terkini Lainnya

Iklan