Cloud Hosting Indonesia

Selasa, November 23

SMK Mutu Bumiayu Gelar Kegiatan Root Day

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -   SMK Muhammadiyah  1 (Mutu) Bumiayu Kabupaten Brebes menggelar acara Root day yang diawali kegiatan Apel Deklarasi Anti perundungan dan Penyambutan dua atlet warga Desa Langkap yang berpretasi dalam pekan paralimpik Nasional Peparnas Papua 2021 di halaman sekolah setempat,  Selasa (23/11/2021).

Kepala SMK Mutu Bumiayu Faiz Fanani, S.Pd melalui Waka Kesiswaan Yuli Supriyanto, MT mengatakan kegiatan Bullying atau perundungan masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan di Indonesia. "Sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya perundungan di dunia pendidikan, salah satunya dengan kegiatan Roots Day di sekolahnya," katanya.

Dikatakan Yuli Roots sendiri merupakan program pencegahan berbasis siswa dengan mengandalkan siswa yang berpengaruh, mereka pun disebut agen perubahan.

"Diharap siswa yang sangat terhubung diminta untuk mengubah sikap dan perilaku teman-teman sebayanya," ujarnya.

Menurut Yuli  agen ini dipilih oleh siswa lain, karena dianggap mereka yang paling banyak berinteraksi dengan para siswa sekitar 26 agen perubahan  difasilitasi melalui sesi tatap muka  yang dilakukan, setelah sekolah untuk mengidentifikasi masalah di sekolah mereka. Bahkan, mereka juga merancang untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi.

Lanjut Yuli sebagai solusinya sendiri ada 10 sesi dalam program Roots. Agen Perubahan juga didampingi fasilitator guru selama 10 pertemuan dan peran fasilitator menjadi sangat penting dalam intervensi ini.  Agen Perubahan yang melibatkan siswa siswi menjadi strategis untuk mencegah perundungan pasalnya Roots Day ini menjadi puncak kegiatan siswa untuk mencegah perundungan. 
Roots Day di sekolah ini dilaksanakan dengan sangat baik, sehingga tidak ada perilaku perundungan untuk mengoptimalkan pembelajaran dan keamanan siswa di sekolah.

"Dengan dukungan UNICEF, Dinas Pendidikan, Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan serta Puspeka kegiatan hari ini agar dapat dilaksanakan dengan lancar," harapnya.

Tampak kegiatan tersebut penuh kebangggan dan terharuh khususnya bagi keluarga besar SMK Mutu Bumiayu pasalnya penyambuta kedua atlit yang mengukir prestasi dan peraih medali emas renang gaya bebas 100 m putra, atas nama M Shobari dan Yovan  Azis atlit yudo kelas 50 kg di Papua juga peraih medali emas yang keduanya putra pribumi Desa Langkap Bumiayu sebagai monivasi  bagi para siswa SMK setempat.

Hadir dalam giat tersebut Forkopimcam Bumiayu, 
,Kepala Desa Langkap, Kepala  SMK Mutu, Ketua dan pengurus Pimpinan Muhammadiyah Bumiayu, Fasilitator Nadional  dan dua atlit prestasi warga Langkap,  Babinsa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dewan guru,
Siswa dan tamu undangan.

Selama kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar dan kegiatan di laksanakan sesuai Prokes - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top