Cloud Hosting Indonesia

Rabu, November 10

Siswa-siswi SMP dari 4 Sub Mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 MGMP Bahasa Jawa Tingkat Kabupaten Pemalang.

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 4 sub wilayah di Kabupaten Pemalang mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 MGMP Bahasa Jawa tingkat Kabupaten Pemalang yang diselenggarakan di SMPN 02 Pemalang, Rabu (10 November 2021). Ada 4 mata lomba dalam kegiatan ini meliputi pidato basa jawa, menulis aksara jawa, menulis gurit/geguritan dan membaca aksara jawa.

Ketua panitia Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 MGMP Bahasa Jawa tingkat Kabupaten Pemalang, Siti Suprihatin, S.Pd, M.Pd mengatakan peserta merupakan pemenang lomba yang sama di tingkat sub masing-masing. Sebelumnya, lomba tingkat sub dilaksanakan pada 14 Oktober hingga 6 November 2021.

"Dan (hari) ini tingkat kabupatennya. Juara-juara dari 4 sub wilayah itu menjadi wakil untuk tingkat Kabupaten Pemalang. 4 sub itu diantaranya, sub 1 meliputi Kecamatan Randudongkal, Pulosari, Moga, Watukumpul, Warungpring. Sub 2, Kecamatan Bantarbolang dan Pemalang. Kemudian sub 3, Kecamatan Taman dan Petarukan. Lalu sub 4 meliputi Kecamatan Ampelgading, Comal, Bodeh dan Ulujami," jelas Siti Suprihatin.

Siti Suprihatin menuturkan dalam lomba ini, setiap sub mengirimkan 8 peserta. Sehingga dari 4 sub total ada 32 peserta lomba terbagi 16 peserta putra dan 16 peserta putri.

Adapun terkait penilaian lomba, kata dia, tergantung dari mata lomba itu sendiri, seperti misalnya untuk lomba pidato basa jawa, dimana penilaiannya meliputi kelancaran pidato dan isi materi yang disampaikan. Kemudian penampilan dan kosa kata. Menurutnya, semua penilaian mata lomba menjadi kewenangan dewan juri.

"Kami juga sampaikan kepada juri bahwa dialek Pemalang itu harus diterima dan diadaptasikan tidak harus mengacu pada (dialek) Jogja atau Solo. Akan tetapi (dialek) Pemalangan sekalipun bahasa ngapak tidak masalah selama masih tataran krama," ujar dia.

Disampaikannya, untuk pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 MGMP Bahasa Jawa tingkat Kabupaten Pemalang ini hanya berlangsung satu hari. Pada hari itu juga akan diumumkan langsung pemenangnya mulai dari juara satu, dua dan juara tiga. Bagi pemenang juara satu nantinya akan dikirim ke propinsi untuk mengikuti lomba yang sama.

"Pelaksanaan lomba ditingkat propinsi ini nanti akan diselenggarakan di Solo pada tanggal 19 sampai 22 November 2021 mendatang. Di tingkat propinsi ini, jadi nanti Kabupaten Pemalang tidak hanya memberangkatkan juara lomba dari tingkat SMP saja, tetapi juga juara dari tingkat Sekolah Dasar (SD). Rinciannya, 6 peserta dari tingkat SD dan 8 peserta dari tingkat SMP, " pungkasnya. (Yanto).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top