Cloud Hosting Indonesia

Selasa, November 9

Penanganan Bendung Notog Kalinusu Bumiayu Dilakukan Desain Ulang BBWS Jateng

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Tim gabungan  Direktorat Jenderal sumber Daya Air  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS )  dan  tenaga  konsultan dari Semarang Jawa-Tengah kembali melakukan giat verifikasi croscek pencocokan dan singkronosasi di lapangan terkait  kondisi bendung Notog yang selama beberapa tahun  tidak berfungsi dan sempat ditunda dalam penanganannya. Saat ini kembali ditinjau ulang oleh tim tersebut guna mendesain ulang, Senin (8/11/2021).

Peninjauan yang dilakukan tim tersebut guna merespon para petani desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes yang mengandalkan pengairan di bendung Notog tersebut.

Kasi Perencanaan BBWS Dini Arianti mengatakan kesepakatan dengan gambar dan perubahan anggaran yang diajukan.

"Kita sepakat  akan mendesain ulang terkait gambar untuk mengajukan perubahan anggaran dana pusat menjadi 2 kali lipat lebih tersebut yang merupakan hasil kesepakatan bersama Konsultan," katanya.

Dikatakan Dini rencana semula penanganan bendung Notog yang sempat tertunda itu dan
dialokasikan anggaran dana  sebesar Rp 2,9 miliar dibatalkan dan dirubah 2 kali lipat menjadi  Rp  6 miliar pasalnya, ada tambahan bangunan 5 gronsil bawah bendungan, cekdam dan talud pada  bibir  sungai  bagian utara sepanjang  600 meter sehingga ada kesepakatan bersama  dalam penanganan bendung Notog tersebut  untuk  mendesain ulang gambar volume disesuaikan dengan realita yang ada.

Menurut Dini kesepakatan dengan konsultan untuk mendesain ulang gambar dan  mengajukan perubahan anggaran dana  pusat termasuk alokasi anggarannya.

Kepala Desa (Kades) Kalinusu Wasid menyampaikan rasa bersyukur akan ada penanganan bendung Notog yang merupakan sarana vital bagi para petani didesanya yang membutuhkan pengairan dalam mengolah lahan pertaniannya dengan harapan penanganan sarana tersebut segera terwujud  harapnya saat mendampingi tim.

Hal yang sama disampaikan Ketua P3A Kalinusu Musyafa
sebelumnya berharap bendungan agar dipindah 2 km ke hulu menghindari penambang  pasir dan batu (sirtu).(dun)

Editor : imam

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top