Cloud Hosting Indonesia

Selasa, November 9

Kondisi Jembatan darurat Sungai Cilontar Plompong Sirampog Dikeluhkan Warga

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kondisi Jembatan Sungai Cilontar Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes yang hampir satu tahun terputus akibat bencana banjir dan hujan besar hingga sekarang belum mendapat penanganan dari pemerintah sehingga kondisi tersebut dikeluhkan warga setempat.

Sofan salah satu Warga RT. 03/06 desa setempat merasa mengeluh pasalnya penanganan darurat jembatan yang terbuat dari kayu dilakukan swadaya warga saat ini mengalami rapuh dan keropos yang dikawatirkan akan mengundang musibah korban jiwa.Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa (Kades) Plompong Suyanto di ruang kerjanya, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan Suyanto, jembatan Cilontar tersebut merupakan status jalur kabupaten sebagai penghubung masyarakat di wilayah dua Kecamatan (Sirampog dan Paguyangan), itu putus karena abutment atau bangunan di polar jembatan ambrol usai hujan deras.

" Hujan deras mengakibatkan terkikisnya abutment jembatan sebelah utara Sungai Cilontar, sehingga jembatan ambruk, " kata Suyanto.

Untuk membantu masyarakat  agar tidak menempuh  perjalanan terlalu jauh maupun  arus kendaraan dialihkan ke arah Gunung Sumping atau ke Bumiayu dengan jarak tempuh ke jalur itu lebih jauh 3 kali lipat dari jarak sebelumnya, pihak Pemdes dan masyarakat  berinisiatif melakukan penanganan darurat bergotong-royong membuat jembatan yang terbuat dari rangkaian kayu seadanya." Namun saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan kayu sudah mulai rapuh dan kropos," ujarnya.

Dijelaskan Suyanto  pihak Pemkab telah merespon untuk penanganan dengan mengalokasi anggaran bencana alam 2021 sebesar Rp 200 juta namun anggaran sebesar itu tidak bisa mencukupi sehingga dibatalkan dan ditunda pada anggaran tahun 2022 mendatang.

"Manakala ada penanganan jembatan direalisasikan agar bisa dipercepat, kondisi jembatan direhab dengan meninggikan dan pelebaran jembatan sepadan badan jalan yang ada dengan kwalitas yang lebih kuat," pungkasnya - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top