Cloud Hosting Indonesia

Selasa, November 16

Kelompok Tani Hutan Belik Gelar Tekhnologi Dalam Rangka Percepatan Alih Tekhnologi Kehutanan


PEMALANG EMSATU.CO.ID, Gabungan kelompok Tani Hutan Kecamatan Belik Gelar Tekhnologi Pertanian ,Dalam Rangka Percepatan Alih Tekhnologi Kehutanan, pada Selasa 16/11/2021 di sekretariat KTH Guyub Rukun Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah .


Kali ini  anggota Kelompok Tani Hutan Kecamatan Belik menerima penyuluhan tekhnologi Organik dari beberapa Nara sumber yang di datangkan oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Jawa Tengah .


Penyuluhan kali ini membahas bagaimana cara membangkitkan mikroorganisme dalam tanah yang tertidur akibat penggunaan pupuk anorganik dengan narasumber Isa Ansori  pakar organik dari Belik.


Isa Ansori diantaranya memaparkan bagaimana cara pembuatan molase dengan menggunakan sampah nanas yang membusuk dengan mengambil airnya dan dengan mencampurkan tiga bagian air gula ,serta satu biji ragi tape sehingga menjadi molase .


Disamping itu ia juga mempraktekkan bagaimana cara membuat mikroorganisme untuk menguraikan sisa sisa kimia dalam tanah garapan, dengan menggunakan bahan berupa air rendaman suket teki , dicampur dengan gula, katul, terasi, penyedap rasa, yang nantinya melalui proses fermentasi sehingga terbentuk cairan dengan kandungan mikro-organisme. Yang nantinya bisa diaplikasikan dengan dosis satu tengki satu gelas, jelas Isa Ansori secara rinci,




Ketua Koordinator Penyuluh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Jawa Tengah Sudirman s.st,  KTH dengan di dampingi stapnya tidak henti hentinya mengingatkan kepada seluruh anggota KTH untuk selalu berkomunikasi dengan sesama anggota,ia mengatakan,

"Karena sekarang era teknologi walaupun namanya KTH jangan sampai ketinggalan , harus meningkatkan pengetahuan kita melalui IPTEK , sehingga kelompok tani bisa meningkatkan pengetahuan dan penghasilan  melalui teknologi," tutur Sudirman usai penyuluhan Selasa 16/11.(SK)


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top