Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, November 6

Kades Wanatirta Paguyangan : Linmas Wanita Wujud Kesetaraan Gender Diharapkan Desanya Makin Baik Dalam Sistem Kamtibmas

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Selama ini perempuan diidentik dengan pekerjaan lembut, berpenampilan mempesona dan enak dipandang mata. Kalaupun ada yang mengambil profesi di bidang pekerjaan keras tidaklah begitu banyak. Termasuk yang dilakoni sejumlah 12 wanita di Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes untuk memilih mengabdi kepada masyarakat menjadi petugas Pelindung Masyarakat (Linmas) di desanya.

Hal Itu terlihat dari seragam rompi bertulisan Linmas yang dikenakannya dalam membantu kegiatan vaksinasi yang digelar Karang Taruna Wana Ilma bersama Polsek Paguyangan di aula Kantor Desa Wanatirta belum lama ini.

Kepala Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Lukman Hakim mengatakan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) di wilayah desanya sangatlah penting. Jika terjadi bencana, Linmas berada di garis terdepan, karena anggota linmas berada di setiap pedukuhan hingga tingkat RT.

Lukman membenarkan Satlinmas di desa saat ini memiliki jumlah 77 anggota diantaranya 12 anggota terdiri kaum perempuan yang masih energik. "Dan mereka semangat dalam mengikuti kegiatan sesuai tupoksinya," kata Lukman via WA Sabtu  (6/11/2021).

"Dengan adanya linmas dari kaum perempuan merupakan wujud penyetaraan gender dengan harapan linmas di Wanatirta semakin menambah baik dalam sistem keamanan lingkungan di seluruh wilayahnya," ujarnya.

Lanjut Lukman,  peran Sat Linmas perempuan juga tidak kalah pentingnya manakala terjadi peristiwa darurat, misalnya pertolongan pertama ibu-ibu yang akan melahirkan maka, peran Linmas perempuan lebih diutamakan daripada laki-laki karena lebih teliti dan hati-hati.

“Jadi, lebih cekatan dan teliti saat memberikan pertolongan misalkan ada warga yang  melahirkan,” pungkas Lukman.

Salah satu anggota Linmas perempuan Saefuroh (46) mengungkapkan dirinya tidak pernah berpikir untuk  menjadi Linmas."Ini bukan cita-cita saya, namun setelah ditekuni dan mendapat pembekalan peningkatan kapasitas anggota Linmas ternyata sangat asyik  dalam pengabdian terhadap masyarakat maupun Pemerintah Desa dan memiliki warna tersendiri dalam hidup setidaknya memiliki banyak teman dari masyarakat tidak mampu hingga orang-orang penting mulai dikenalinya.

 “Alhamdulillah, selama jadi linmas pekerjaan saya terasa ringan, apalagi suami dan anak-anak sangat support,” tuturnya. (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top