Cloud Hosting Indonesia

Rabu, November 24

Bupati Pemalang Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL Tahun 2021 di Desa Muncang

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo menyerahkan sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 di Desa Muncang, Kecamatan Bodeh. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh bupati kepada 5 perwakilan warga peserta program tersebut bertempat di balai desa setempat, Rabu (24/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengatakan bahwa di desa ini akan dibagikan sebanyak 1.316 sertifikat tanah hasil dari program PTSL tahun 2021 kepada warga peserta PTSL. Dalam kesempatan ini, bupati mengucapkan selamat kepada warga penerima sertifikat tanah tersebut. Semoga sertifikat tersebut dapat membawa berkah dan manfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga serta mengurangi potensi terjadinya sengketa pertanahan.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pemalang yang berkenan untuk membawa proses (penerbitan) sertifikat ini, " ujar bupati.

Agung mengakui persoalan kasus sengketa tanah dan sengketa lahan sering kali terjadi ditengah masyarakat. Ini disebabkan karena banyak tanah atau lahan yang tidak didaftarkan ke badan hukum pertanahan setempat.

Dengan kata lain, kata Agung, banyak tanah atau lahan yang belum memiliki surat atau sertifikat kepemilikan yang sah. Melihat kondisi itu, pemerintah kemudian menyelengarakan program PTSL dalam rangka untuk melakukan sertifikasi tanah secara massal. Adapun tujuannya untuk percepatan pemberian dalam kepastian hukum dan perlindungan hukum, hak atas tanah masyarakat secara pasti, cepat, lancar, aman, adil, merata serta terbuka dan akuntabel.

"Berbagai tahapan dan proses harus dilalui agar sertifikasi tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan yang berlaku," tandas Agung.

Ditambahkan, dengan dimilikinya sertifikat maka status hak atas kepemilikan tanah akan menjadi jelas. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan terjadi sengketa atas kepemilikan hak tanahnya. Perlu adanya dorongan dan motivasi kepada masyarakat yang sudah memiliki surat sertifikat tanah agar mereka dapat memberdayakan tanah yang dimilikinya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Hal ini penting mengingat yang terjadi selama ini, meskipun sudah memiliki hak atas tanah tetapi masih banyak kendala yang dihadapi masyarakat dalam memanfaatkan tanah miliknya. Mulai dari kesulitan memperoleh modal, kurangnya penguasaan teknologi, rendahnya kualitas pengelolaan usaha, infrastruktur yang kurang mendukung dan lain sebagainya.

"Oleh sebab itu kita perlu membantu agar masyarakat mudah memperoleh modal kerja, meningkatkan penguasaan teknologi, meningkatkan kualitas manajemen usaha, membangun infrastruktur dan membantu pemasaran hasil produksi dari usaha masyarakat. Upaya tersebut tidak bisa dilakukan oleh hanya satu institusi atau instansi saja. Namun perlu adanya kerjasama yang baik antar semua komponen, baik dari unsur pemerintah, kalangan perbankan dan dunia usaha, " tukasnya.


Sementara, Kepala Kantor ATR/BPN Pemalang, Gusmanto memaparkan bahwa target sertifikasi tanah di Kabupaten Pemalang yang sudah terealisasi per hari ini sebanyak 48.125 bidang. Jumlah itu terbagi di 46 desa yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Pemalang. Salah satunya adalah di Kecamatan Bodeh, dimana ada 4 desa yang melaksanakan program PTSL tahun 2021 ini. 4 desa yang dimaksud diantaranya Desa Muncang, Bodeh, Kebandaran dan Desa Babakan.

"Di Desa Muncang ini yang sudah terbit (sertifikat tanah) sebanyak 1.316 bidang. Dan pada kesempatan ini akan kami serahkan sebanyak 300 bidang (tahap pertama)," ungkap Gusmanto seraya menambahkan bahwa untuk penyerahan sertifikat tanah sesuai dengan jumlah yang sudah diterbitkan juga akan dilaksanakan secara bertahap di 46 desa tersebut. (Yanto).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top