Cloud Hosting Indonesia

Rabu, November 24

Anggota TNI Kodim 0713 Brebes Lanjutkan Berlatih Goju Ryu


 

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Anggota TNI Kodim 0713 Brebes kembali berlatih beladiri aliran goju ryu di Lapangan Tenis outdoor Makodim setempat, Rabu (24/11/2021).


Sertu Misdi, anggota Intel Kodim Brebes selaku pelatih mengatakan beladiri ini  dilakukan setiap hari Senin dan Rabu pada setiap minggunya guna memelihara kelenturan badan.


“Beladiri merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap prajurit selain menembak, untuk itulah kemampuan ini harus terus diasah dan dipelihara,” kata Misdi  penyandang sabuk hitam Dan II itu.


Dikatakan Misdi rata-rata anggota Kodim sebelumnya sudah memiliki dasar beladiri masing-masing di satuan lama dan memiliki kyu/tingkatan sabuk yang bervariasi, namun kita tetap mulai dari gerakan dasar (kihon waza) di aliran ini.




“Gerakan dasar goju ryu yang diberikan meliputi yang diberikan meliputi chuki (pukulan), ughe (tangkisan) dan geri (tendangan),” ujarnya


Sementara Pasi Ops Kodim, Kapten Arhanud Suryadi SH, pembinaan fisik ini untuk memelihara kebugaran selain aerobik yang kita laksanakan setiap Selasa, Kamis, dan Jum'at.


Menurut Suryadi, selain beladiri diwajibkan oleh Kasad, dimasa pandemi seperti saat ini, sangat penting menjaga tubuh agar tetap bugar untuk meminimalisir terpapar virus covid-19.


Diketahui Goju ryu adalah salah satu aliran utama karate tradisional di Okinawa, Jepang, yang diciptakan oleh Chojun Miyagi. Teknik-teknik aliran ini pada dasarnya memadukan antara teknik keras dan lembut.


Goju ryu, go artinya keras yaitu mengacu pada teknik tangan tertutup atau serangan lurus, kemudian ju artinya lembut yakni mengacu pada teknik tangan terbuka dan gerakan memutar. Untuk kata/jurus utamanya yaitu sanchin dan tensho yang hanya dimiliki aliran. - (aan/ imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top