Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Oktober 8

SMA Negeri 01 Bantarkawung Upayakan 100% Tuntaskan Capaian Vaksinasi Bagi Seluruh Siswanya

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - SMA Negeri 01 Bantarkawung Kabupaten Brebes pada bulan Oktober 2021 ini berupaya menuntaskan seratus prosen siswanya dapat tervaksin Covid-19 dosis pertama sehingga pelaksanaan  program Pembelajaran Tatap
Muka  (PTM) di sekolahnya bisa digelar dengan  berjalan lancar dan aman sesuai yang diharapkan.Hal ini disampaikan Kepala SMAN 01 Bantarkawung  Elfi Yulyati, S.Pd, SH pada kegiatan vaksinasi di lingkungan sekolah setempat, Jum'at (8/10/2021) pagi.

Elfi mengatakan pihaknya dalam menghadapi pencegahan pandemi Covid-19 di sekolahnya telah melakukan berbagai upaya diataranya mengeduksikan Prokes 5 M, simulasi PTM dan vaksinasi.

Dan terkait vaksinasi sebagian besar siswanya telah melakukan vaksinasi didesa/tempat tinggalnya masing masing.

"Alhamdulillah pada hari ini sekolahnya mendapat ketempatan giat Gerai Vaksin Presisi dari Polres Brebes melalui Polsek Bantarkawung dengan sasaran vaksin dosis pertama untuk disuntikan kepada 750  siswanya dengan aman sehingga seluruh siswanya  telah tervaksin Covid-19  dosis pertama," ujarnya

Lanjut Elfi pihaknya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu sekolahnya bisa menuntaskan capaian percepatan vakainasi dengan harapan dalam kegiatan PTM  tersebut bisa berlangsung lancar dan siswa dalam menuntut ilmu disekolah bisa tenang, nyaman dan aman dari serangan pandemi Covid 19, namun diharapkan agar siswanya tetap untuk mematuhi prokes 5 M, tutur Elfi

Polres Brebes melaui Kapolsek Bantarkawung Iptu Hasari menjelaskan pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran pelajar SMAN tersebut  sebagai wujud dukungan pihak kepolisian terhadap program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Brebes sekaligus upaya medukung program sekolah dalam rangka menyongsong Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Sebagai bentuk dukungan Polsek Bantarkawung hadir dalam memberikan keamanan dan kenyamanan di lingkungan wilayah kecamatan, serta lingkungan sekolah yang akan melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)," kata Hasari.

Sementara Kepala Puskesmas Bantarkawung Edi  mengatakan
pihaknya selalu siap mengerahkan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada semua masyarakat di wilayah kerja Puskesmasnya.

Menurut Edi vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial ekonomi serta pendidikan.

Lanjut Edi dalam menanggulangi pandemi Covid-19, upaya vaksinasi dilakukan tidak hanya menjadi satu-satunya upaya untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Selama belum mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), maka pencegahan yang efektif saat ini adalah mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 5M yaitu dengan double masker dengan masker medis dilapisi bagian luarnya dengan masker kain agar menutupi rongga dari masker medis tersebut, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top