Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, Oktober 16

Puskesmas Tonjong Berhasil Suntikkan Sejumlah 220 Dosis Pertama Vaksin Jenis AZ Bagi Mayarakat Umum

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Program vaksinasi Covid -19 semakin gencar dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Corona. Sejauh ini sudah ada dua jenis vaksin yang digunakan di Kabupaten Brebes  yaitu vaksin Sinovac dan Astra Zeneca (AZ).Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Tonjong Sri Mulyani, S.ST, MM saat giat vaksinasi dosis pertama Jenis vaksin AZ bagi masyarakat umum usia 20 -50 tahun sebanyak sasaran 220 dosis di halaman Puskesmas setempat, Sabtu pagi (16/10/2021).

Dikatakan Mulyani saat ini vaksin jenis Astra Zeneca
(AZ) mulai didistribusikan ke masyarakat secara bertahap.

"Kedua jenis vaksin yang diberikan ke kelompok prioritas, mulai dari lansia hingga Nakes," ujarnya.

Menurut Mulyani meski memiliki tujuan yang sama, aman dan halal guna melindungi tubuh dari paparan virus Corona, ada beberapa perbedaan vaksin AZ dengan Sinovac.

Perbedaan itu yang paling mendasar antara lain pada kandungannya vaksin sinovac menggunakan virus tidak aktif (inactivated virus), sedangkan vaksin AZ menggunakan vektor adenovirus simpanse.

Lanjut Mulyani perbedaan vaksin Astra Zeneca dan Sinovac adalah pada jadwal pemberian vaksin dosis pertama dan kedua. Untuk AstraZeneca, jaraknya adalah 8–12 minggu, sedangkan Sinovac jaraknya 2–4 minggu.

Meski demikian, dosis yang direkomendasikan oleh WHO untuk kedua vaksin ini adalah sama, yaitu 0,5 ml untuk setiap kali suntik dan diberikan sebanyak 2 kali untuk setiap orang.

Ssmentara laporan Vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua jenis AZ  dari jumlah sasaran  220 berhasil tervaksin dengan rincian dosis pertama 219 dan dosis kedua 1 -  (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top