Cloud Hosting Indonesia

Minggu, Oktober 10

Pemdes Wanatirta Paguyangan Pertama Kali Gelar Diklat Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas, Pemerintah Desa  (Pemdes) Wanatirta Kecamatan Paguyangan  Kabupaten Brebes gelar peningkatan kapasitas linmas di lapangan desa setempat, Minggu (10/10/2021).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat, linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa ditengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kepala Desa (Kades) Wanatirta Lukman Hakim mengatakan Diklat ini diikuti 44 anggota linmas yang ada dan  indikator suksesnya pelatihan linmas adalah guna meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Dikatakan Lukman sebenarnya agenda diklat bagi anggota linmas didesanya sejak dulu diprogramkan namun kali ini baru direalisasikan dengan anggaran APBDes sehingga kegiatan ini baru pertama kalinya digelar.

Hadir dalam kegiatan ini  Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kasitrantibum Kecamatan Paguyangan, anggota Pemuda Pancasila, Karang taruna dengan narasumber/pemateri diantaranya Kasi Trantibum  Kecamatan (Seger Pers SE), Kades Wanatirta (Lukman Hakim), Kanit humas Polsek (Aiptu Maman Samanhudi)  dan  anggota Koramil (Sertu Sugeng Widodo) berlangsung hingga sore hari secara lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sementara Danramil 11 Pqguyangan melalui Sertu Sugeng Widodo berharap kedepan anggota linmas harus bisa bersinergi dengan TNI dan Polri - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top