Iklan

terkini

Dinkominfotik Brebes Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat

15/10/2021, 19:36 WIB Last Updated 2021-10-15T12:36:44Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bertempat di Aula Kantor Camat Jatibarang Brebes digelar bimbingan teknis KIM yang  diikuti 45 Orang dari Kecamatan Brebes dan Jatibarang di Aula Kantor Camat Jatibarang, Jum'at (15/10/2021).

Kegiatan tersebut mengingat diera digitalisasi sekarang komunikasi,  informasi cepat dan transparan sangat dibutuhkan oleh masyarakat . untuk membuka akses bagi keterbukaan informasi di desa/kelurahan  maka pemerintah perlu menjamin salah satunya dengan dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Adapun tujuan dilaksanakannya Bintek KIM untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai tugas dan peran KIM serta memberikan pemahaman mengenai pembentukan KIM Desa/ Kelurahan.

Hal ini disampaikan Kepala bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Lusiana Indira Isni M.Ikom usai acara.

Lusiana mengatakan  KIM merupakan mitra dari Dinas Komunikasi informatika dan Statistik  Kabupaten Brebes dalam menyebarkan informasi publik untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas dan sebagai jurnalis warga.

Dikatakan Lusiana, peran KIM yang begitu efektif mendiseminasikan informasi publik pemberdayaan KIM perlu dilakukan sumbangasih pemikiran pengembangan sosialisasi dan teknis sehingga pelatihan anggota KIM patut diusulkan dalam program Pemerintah Daerah guna penyebaran informasi kepada masyarakat.

"KIM adalah Lembaga layanan Publik yang dibentuk dan dikelola untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di perkotaan/pedesaan beranggotakan 3 sampai 30 orang," ujarnya.

Menurutnya tugas dari KIM diantaranya mewujudkan masyarakat yang aktif peduli peka dan memahami informasi memberdayakan masyarakat agar dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.

"Peran KIM adalah mengelola informasi yaitu mencari mengumpulkan mengelola dan mendesiminasikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhannya," tuturnya.

Lanjut Lusiana Dinkominfotik mempunyai media Informasi internal yaitu 2 penyiaran publik lokal , Website running teks baliho /spanduk mobil publikasi keliling  pemutaran Film Rilis berita  Humas TV, PPID  dan sambu . "Media informasi tersebut dapat dijadi sumber penyebaran informasi KIM kepada masyarakat," pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkominfotik Brebes Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat

Terkini Lainnya

Iklan