Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Seluruh Warga Lansia di Kecamatan Bumiayu Diupayakan Agar Tervaksin Semua

08/09/2021, 23:07 WIB Last Updated 2021-09-08T16:07:46Z
BREBES -  Ratusan warga  Lanjut usia (Lansia) di tujuh  Desa (Kalierang , Jatisawit, Langkap, Negaradaha, Penggarutan,  Adisana dan Buniayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, menerima Vaksinasi Covid-19 dosis pertama dari Puskesmas Bumiayu Brebes yang dipusatkan  di aula Kantor Desa KalierangKalierang, Rabu (8/9).

Kepala Puskesmas Bumiayu dr Alibudiarto mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan secara serempak pada  lansia 7 desa ini, adalah salah satu terobosan Puskesmas  yang di pimpinnya untuk mengedukasi   masyarakat bahwa vaksin aman  cara injeksi tidak sakit ,guna memberi kekebalan tubuh dan imunitas  dari antigen  berupa mikro organisme  yang akan menimbulkan kekebalan spesifik terhadap penyakit.

Dikatakan Ali untuk memudahkan masyarakat yang hendak divaksin, tidak harus ke Puskesmas agar tidak terjadi kerumunan.

Lanjut Ali Vaksinasi dosis pertama ini dilaksanakan secara bertahap dan dalam  melaksanakan proses Vaksinasi, petugas tenaga kesehatan Puskesmas Bumiayu juga melakukan cek kesehatan pada seluruh  peserta  yang mengikuti Vaksinasi  mulai pengecekan suhu tubuh, tekanan darah maupun riwayat penyakit yang pernah dialami oleh masing-masing Lansia .Dari sasaran  280 Lansia yang hadir 273  berhasil tervaksin 244 ditunda 29.

Camat Bumiayu Eko Purwanto SP MSi mengatakan jumlah lansia di kecamatan Bumiayu sekitar 10.000 orang lebih. Pihaknya pun bakal langsung memberikan undangan kepada lansia sebagai  sasaran vsksin.

Peserta Lansia  juga dapat mendaftar dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan Covid19 

Website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lansia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.

Dalam mengisi data tersebut peserta lansia dapat meminta bantuan kepada anggota keluarga lain atau melalui ketua RT atau RW setempat.

Bagi peserta atau sasaran vaksinasi masyarakat lansia yang sudah sempat mengisi tautan tersebut, tidak perlu khawatir karena pemerintah pastikan bahwa data dijamin aman dan tersimpan di dalam data yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi dimana peserta tinggal .Bagi mereka yang sehat susah berjalan rencana nantinya  petugas akan lakukan jemput bola.

Eko menyebutkan, lansia yang divaksin pada hari ini sebagian merupakan perangkat Desa yang purna  kader posyandu atau pun ketua RT/RW,  sehingga menjadi kelompok prioritas lantaran berkontak langsung dengan banyak orang serta masyarakat umum yang paling banyak mendapatkan undangan vaksin " pungkas Eko - (dun)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seluruh Warga Lansia di Kecamatan Bumiayu Diupayakan Agar Tervaksin Semua

Terkini Lainnya

Iklan