Cloud Hosting Indonesia

Kamis, September 9

Satker Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Jateng Gelar Sosialisasi Proyek APBN PAM Tirta Baribis Brebes Senilai Rp 79 Miliar Lebih


EMSATUNEWS.CO.ID, 
BREBES - Perumda Air Minum (PAM) Tirta Baribis Kabupaten Brebes, tahun ini siap  mengembangkan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Unit IKK Bumiayu. Proyek yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Jateng dari dana APBN sebesar Rp 79 miliar lebih.


Kepala Satuan Pengawas Internal PAM Tirta Baribis H Muflihin ST menerangkan , SPAM IKK Bumiayu merupakan kelanjutan dari proyek pembangunan air baku Tuk Uleng di Kecamatan Sirampog


”Ini Proyek Tuk Uleng Tahap III dengan kegiatan pengembangan SPAM IKK Bumiayu,” terang Muflikin usai gelar Sosialisasi  di salah satu  Rumah Makan dikawasan Jalan Lungkar Bumiayu, Kamis (9/9).


Diterangkan Muflikhin proyek ini akan  diawali membangun jaringan air bersih Penggarutan-Laren - Bantarkawung sekitar 15 kilometer. Jaringan pipa menggunakan diameter 350 ml, dan pembangunan dua reservoir, di Desa Dukuhturi dan Desa Laren Kecamatan Bumiayu.


"Kapasitas reservoir di Laren mencapai 1000 meter kubik, untuk menampung air baku dari Tuk Uleng," bebernya .


Muflikhin mengungkapkan proyek ini untuk memperluas cakupan wilayah pelanggan IKK Bumiayu dan pengenmbangan ke wilayah Kecamatan Bantarkawung dan sekitarnya.


"Ditargetkan nanti akan ada penambahan 16 ribu atau 20 ribu pelanggan baru," ungkapnya 


Lanjut Muflikhin selain pengembangan jaringan, juga akan dilakukan perbaikan jaringan pipa sumber mata air Tuk Uleng yang kini rusak akibat bencana alam. Direncanakan, pada 2022 mendatang pasokan air bersih dari Tuk Uleng akan kembali normal.


"Sedang diupayakan perbaikan pipa Tuk Uleng tahun depan diharapkan bisa kembali normal dan dapat memasok air bersih ke Bumiayu dan Bantarkawung," pungkas Muflihin.


Sementara kegiatan Sosialisasi Pekerjaan Tuk Uleng Tahap lll  yang dihadiri Perwakilan Kajati Jateng, Perwakilan PAM Tirta Baeibis, Brebes, Perwakilan Dinas PUPR Brebes, Forkopimcam Bumiayu, Kades dan Ketua  BPD se kecamatan Bumiayu - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top