Cloud Hosting Indonesia

Jumat, September 17

RSUD Brebes Musnahkan Ribuan Obat Kedaularsa dan Alat Medis Sesuai Nota Dinas Bupati

EMSATUNEWS.CO.ID BREBES - Sejumlah ribuan strip obat yang sudah dinlai  kedaluwarsa dimusnahkan oleh pohak  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes.

Pemusnahan tersebaut merupakan langkah dalam menidak lanjuti laporan dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2020 dan sesuai nota dinas Bupati Brebes.

Kepala Bagian Umum RSUD Brebes Wijayanto mengatakan obat yang dimusnahkan itu  ada 61 jenis obat dintaranya, obat HIV dan pil Keluarga Berencana, dan obat lainnya.

“Pemusnahan ini dilakukan mengacu LHP BPK Tahun 2020 dan dikuatkan dengan nota dinas bupati. Isinya, persetujuan penghapusan obat dan bahan medis habis pakai di RSUD Brebes,” kata Wijayanto, Kamis (16/9/2021) kemarin.

Dikatakan Wijayanto Adapun nilai total obat dan pil yang dimusnahkan mencapai Rp 53.juta lebih Selain obat HIV dan pil KB, yang dimusnahkan juga puluhan peralatan medis habis pakai,  alat bantu pernafasan dan jarum selang infus. Semuanya, juga ikut dimusnahkan menggunakan insinerator di RSUD Brebes.

Menurut informasi sebagian besar obat yang sudah kedaluwarsa tersebut merupakan hibah  dari sejumlah OPD terkait sebagai realisasi program KB dan penanganan HIV/ AIDS.

“Karena pandemi Covid 19, pemakaian obat khususnya pasien umum jelas berkurang jauh. Sehingga obat-obatan ini tak terpakai hingga kedaluwarsa dan sesuai prosedur harus dilakukan  pemusnahan

Kepala Bidang Penunjang RSUD Brebes Khambali mengatakan, mekanisme pemusnahan obat kedaluwarsa tersebut juga dihadiri tim pemusnahan aset Pemda. Sebab, sesuai SOP Pemusnahan aset  tersebut harus disaksikan tim tersebut.

“Tim pemusnahan aset pemda yang hadir. Meliputi Inspektorat, bagian hukum, sekda, DPKAD, bagian aset dan akuntansi, Dinkes, serta internal rumah sakit,” katanya.

Lanjut Khambalin jika pemusnahan obat kedaluwarsa baik HIV maupun pil KB, sudah dipastikan secara menyeluruh t
ermasuk memeriksa semua tanggal kedaluwarsa meski kondisinya masih baik

“Pemusnahan obat kedaluwarsa dilakukan tuntas untuk memastikan keamanan,” pungkasnya. (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top