Cloud Hosting Indonesia

Jumat, September 17

Jalan Kerap Dipindah Perusahaan, Warga Ontrog Desa Sukamahi



EMSATUNEWS.CO.ID - BOGOR – Puluhan warga Kampung Blendung RT 02 RW 05 Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor mendatangi kantor Desa Sukamahi didampingi LBH Yuris Keadilan Anak Bangsa terkait akses jalan yang kerap dipindah-pindah oleh perusahaan.


Ketua LBH YKAB Noer Ally SH.MA mengatakan, persoalan akses jalan warga ini sudah terjadi sejak tahun 2008 dimana perusahaan memindahkan akses jalan Blendung-Maleber.


Namun, karena pemindahan jalan oleh perusahaan bunga ini malah membuat jarak lebih jauh seperti ke sekolah dan kampung Maleber, warga pun mengadukan persoalan tersebut ke LBH.


“Kami hanya menerima aduan terkait jalan warga yang kerap dipindah-pindah oleh perusahaan, jadi kami hanya meminta Pemdes tegas dan membuat jalan permanen, dan menegur perusahaan,” bebernya.


Selain itu, LBH YKAB meminta desa membuat jalan secara permanen sesuai kajian terkait jarak tempuh agar tidak terlalu jauh dengan keperluan warga. “Kan anak-anak kampung Blendung kalau sekolah ke kampung Maleber, jadi aksesnya harus dekat,” tambahnya.


Sementara itu, warga Kampung Blendung, Ahmad meminta agar akses jalan tidak lagi dipindahkan perusahaan.


Pemerintah Desa Sukamahi harus segera membangun jalan lingkungan yang permanen. “Saat ini jalan yang ada kecil dan jauh, kami ingin jalan menjadi lebar dan tidak jauh,” ungkapnya.


Kepala Desa Sukamahi, Budi Mamat mengatakan, akses jalan warga Belendung-Maleber sebenarnya sudha masuk rencana pembangunan di tahun 2021 ini. Namun, karena anggaran pembangunan dari Dana Desa dialokasikan ke penanganan pandemi Covid-19 yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT), maka pembangunan jalan tersebut harus ditangguhkan terlebih dahulu.


“Mudah-mudahan di tahun depan, atau kita gotong royong agar akses warga Belendung bisa permanen dan lebih mudah dijangkau,” terangnya.


Menurut, Kades, persoalan ini sebenarnya bisa diselesaikan di internal desa melalui RT, RW atau Kadus. “Ya gak usah sampai ke LBH karena tidak ada kaitan dengan hukum,” tandasnya. (FDL)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top