Cloud Hosting Indonesia

Senin, September 13

Hari Ini Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 Diterima Bupati Brebes

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bupati Brebes  Hj Idza Priyanti menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Kementerian Pertanian yang diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (13/9).

“Alhamdulillah, Brebes mendapatkan penghargaan pertanian namun sebenarnya, ini penghargaan buat masyarakat Brebes khususnya para petani yang terus gigih memproduksi hasil-hasil pertanian, kendati dicekam pandemi,” ungkap Idza.

Idza mengaku bangga dengan kegigihan para petani Brebes yang tangguh menghadapi pandemi Covid-19, bahkan terjadi peningkatan produksi padi tertinggi sepanjang 2019-2020. Petani Padi di Brebes terbukti mampu berkontribusi terhadap ketersediaan pangan nasional hingga 70 persen dari hasil produksi padi di Brebes.

Idza berharap, kegigihan petani tak luntur termasuk minat generasi muda Brebes untuk menggeluti bidang pertanian juga terus termotivasi. Petani milenial, kata Idza, telah menggunakan teknologi pertanian sehingga tidak sepenuhnya menggunakan tenaga manusia. Pertanian di Brebes alih teknologi, alat-alat mesin pertanian sudah banyak dikuasai oleh petani-petani muda sehingga mampu meningkatkan hasil produksi,” tutur Idza.

Sememtara Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya sangat senang dengan dunia pertanian karena mampu menyerap tenaga kerja paling banyak. 

Untuk itu, Kiai Ma'ruf berpesan kepada seluruh Kepala Daerah untuk berpihak kepada dunia pertanian, karena dia melihat peningkatan kesejahteraan petani masih menjadi PR bagi Pemerintah. 

Menurutnya ketangguhan sektor pertanian merupakan kerja keras dari petani dan sumbangsih Pemerintah dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah. 

Di masa pandemi dan masa-masa berikutnya, mengajarkan kita untuk berpikir kreasi guna menciptakan terobosan terobosan. Pemerintah pusat dan daerah untuk merumuskan kebijakan fasilitasi, memberikan kontribusi untuk pembangunan pertanian Nasional

"Terus berpacu untuk meningkatkan produksi pertanian Indonesia, dengan bersinergi, produktif dan disiplin," ujar Wapres. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi menjelaskan, penghargaan kepada Bupati Brebes merupakan apresiasi Pemerintah pusat atas kinerja Pemkab Brebes karena terbukti Pemkab Brebes telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan Nasional dan ketangguhan pertanian dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pemberian penghargaan juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada 24 September 2021 mendatang. -   (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top